Program KKN Universitas Sebelas Maret Membantu Pencegahan Penyebaran Covid-19

0
185
Foto: Istimewa

Pandemi virus corona tidak menghalangi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Bila kegiatan pendidikan dan pengajaran dilakukan secara daring atau virtual, begitu pun dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pada masa pandemi ini, Universitas Sebelas Maret mengeluarkan program KKN tematik khusus yaitu KKN COVID-19 yang dilakukan secara individu berdasarkan domisili masing-masing mahasiswa.

Nama saya Agustinus Aditya Surya dari Prodi Ilmu Hukum UNS. Saya melaksanakan kegiatan KKN COVID-19 dari tanggal 20 Mei – 30 Juni 2020 di RT 02, Dusun Grojogan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, DIY. Adapun program yang dilaksanakan berupa edukasi mengenai Covid-19 mulai dari bahaya, cara pencegahan sampai cara penanganan, dan ditambah dengan kegiatan yang menghasilkan produk yang dapat menunjang edukasi yang telah saya sampaikan.

Sebagian besar waktu kegiatan KKN dilakukan via online dari rumah. Dalam melaksanakan program, saya berusaha untuk membuat materi presentasi untuk warga dengan semenarik mungkin. Materi dibuat dalam bentuk poster, paragraph maupun video. Materi disampaikan melalui Whatsapp Group (WAG).

Sementara untuk kegiatan yang menghasilkan produk, saya melakukan program dengan membagikan sejumlah 70 botol spray yang berisi cairan disinfectan yang disertai cara untuk membuat cairan disinfectan sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang sederhana dan 150 masker kain.

Pelaksanaan kegiatan pembagian cairan disinfectan dilaksanakan dengan berjalan kaki langsung ke tiap-tiap rumah warga. Pengalaman menarik saat membagikan cairan disinfectan ialah ternyata masih banyak warga yang mengira cairan disinfectan berfungsi untuk membersihkan tangan mereka.

Foto: Istimewa

Saya juga membuat tiga buah tempat cuci tangan portable yang kemudian saya letakan di tempat-tempat strategis seperti di pos ronda dan warung milik warga. Selain itu, dalam rangka menyambut fase new normal, saya mengajarkan adik-adik PAUD sampai SMP untuk membuat Face Shield atau pelindung wajah. Program ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan, mengasah kreatifitas serta mengisi waktu luang cmereka selama libur sekolah di masa pandemi Covid-19 ini.

Dalam melaksanakan kegiatan KKN secara daring, suka-nya ialah karena sebagian besar waktu kegiatan KKN dilakukan via online, sehingga kegiatan KKN dapat dilakukan dari rumah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Akan tetapi saya sedih karena tidak dapat berbaur dengan warga seperti kegiatan KKN di saat kondisi normal.

Agustinus Aditya Surya

Mahasiswa UNS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here