KKN Relawan Di Tengah Pandemi Covid-19

0
126
Foto: Istimewa

Gunungkidul- Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk mengabdi kepada masyarakat sekitar. Salah satunya Paulina Inggita, mahasiswa Akuntansi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berasal dari Gunungkidul. Paulina melaksanakan KKN Relawan COVID-19 di Gunungkidul, tepatnya di Gebang RT 08 RW 03, Kalitekuk, Semin, Gunungkidul. Beberapa program kerja yang dilaksanakan selama 30 hari (24 Mei – 24 Juni 2020) bertujuan untuk membantu masyarakat setempat dalam menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat sebagai pencegahan penularan COVID-19, seperti penyediaan tempat cuci tangan umum, edukasi dan pembagian masker, edukasi pencegahan COVID-19 serta penanaman tanaman herbal.

Mahasiswa tetap melaksanakan pengabdian di desa masing-masing dengan menerapkan protocol kesehatan yang diterapkan pemerintah. UP (Unit Pelaksana) KKN LPMP UNS, selaku pihak yang berwenang, memfasilitasi mahasiswa untuk menjadi Relawan COVID-19 melalui KKN Relawan COVID-19. KKN ini terdiri atas 3 batch yang dimulai bulan Mei dan berakhir pada Juli 2020. Ribuan mahasiswa terjun langsung menjadi Relawan COVID-19.

Dengan adanya KKN Relawan COVID-19, masyarakat Gebang merasa sangat terbantu dalam menerapkan pola hidup sehat. Sani, petani (56) “adanya bantuan masker, sangat membantu (kami) dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berjualan dan berbelanja”

Foto: Istimewa

Pagiyono (59), selaku Kepala RT 008, menyatakan bahwa masyarakat belum bisa mengadakan tempat cuci tangan. Sehingga bantuan dari KKN Relawan COVID-19 sangat membantu warga RT 008 dalam menerapkan kebiasaan hidup sehat.

Paulina Inggita Prabawati

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here