Pembentukan Karakter Mahasiswa Melalui Kegiatan Psikologi Berbagi

0
175
Foto: Istimewa

Psikologi Berbagi merupakan acara rutin dari Fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta yang bertujuan mengasah kreativitas dan kepekaan mahasiswa psikologi untuk berbagi aplikasi ilmu psikologi pada masyarakat. Tema Psikologi Berbagi kali ini yaitu “Memotivasi siswa menjadi pembelajar yang lebih positif”. Kegiatan Psikologi Berbagi dilaksanakan di SMA dan SMK Sederajat yang dipilih oleh masing-masing kelompok. Rangkaian kegiatan terlaksana pada 25 Februari hingga 2 Maret 2020 dengan 12 kelompok mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2019 merupakan salah satu tugas mata kuliah Psikologi Umum II dengan dosen pengampu Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi, MA. Dijelaskan bahwa untuk mempersiapkan kualitas lulusan yang memiliki keterampilan kerja, berkarakter dan berdaya saing, maka dibutuhkan metode pembelajaran yang kreatif dan secara langsung dapat mengaplikasikan ilmu di tengah masyarakat. 

”Melalui Psikologi Berbagi, maka Mahasiswa dibimbing dalam penguasaan pengetahuan dan keterampilan, kemampuan dalam analisis, berkreasi dan komunikasi yang baik sehingga terlatih dalam etika kerja”, jelas Bapak Wahyu. Lebih dijelaskan bahwa dalam berkegiatan tersebut Mahasiswa dibimbing untuk piawai dalam sikap yaitu kemampuan kepemimpinan, bekerjasama (teamwork), bekerja dalam kelompok heterogen atau multibudaya serta memahami kearifan lokal.

Kegiatan terlaksana pada enam Sekolah yaitu SMK Muhammadiyah 1 Berbah pada 25 Februari, SMK Kesehatan Sadewa pada 26 Februari, SMK BOPKRI 2 pada 27 Februari, SMK Muhammadiyah Pakem dan SMA N 1 Patuk Gunung Kidul pada 28 Februari, serta SMK N 1 Seyegan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 3 Maret 2020.

Foto: Istimewa

Mahasiswa menyajikan materi disertai game psikologi yang mampu menarik perhatian dan menghidupkan suasana. Para siswa pun dengan antusias mengikuti jalannya kegiatan. Seperti kutipan pernyataan seorang siswa X MIPA 1 SMA N 1 Patuk, “Acara sangat baik karena membantu menyelesaikan masalah antar teman. Cara menjelaskan materi pun juga mudah dipahami. Kakak-kakaknya ramah, baik, cantik, dan sopan”.

Kisah mengharukan pun terjadi ketika salah satu kelompok Mahasiswa diminta oleh seorang Guru wali kelas untuk mendamaikan beberapa siswa yang telah sekian lama berkonflik, saling tidak tegur sapa hingga mengganggu kegiatan belajar-mengajar di kelas. Terdapat 3 siswa yang diminta untuk saling terbuka, ungkap kekesalan masing-masing, saling mendengarkan hingga saling memafkan di depan teman-teman satu kelasnya.

Lebih dijelaskan oleh Bapak Wahyu bahwa Pendidikan Karakter yang terbentuk dalam kegiatan ini yaitu Mahasiswa dilatih memiliki karakter cerdas, kritis dan kreatif dalam menyajikan acara.  Karakter tangguh yaitu disiplin berkoordinasi dengan pihak sekolah, mampu bersahabat dan kooperatif dalam mengurus perijinan hingga terselenggaranya acara. Karakter jujur yang diperoleh dari pelatihan bertanggung jawab, berempati, rela berkorban yang diperoleh ketika saling bekerjasama dalam menetukan, menyiapkan hingga menyajikan materi. Karakter peduli yaitu ramah, saling menghargai, toleran, dan beretos kerja.

Seperti diungkapkan oleh Alia seorang Mahasiswa setelah sukses dalam melaksanakan kegiatan, “Kami merasa sangat senang dengan kegiatan Psikologi Berbagi ini. Kegiatan ini memberikan kami pengalaman yang sangat berharga. Seperti melatih kami berbicara di depan umum, memahami pertanyaan, memberikan jawaban yang sesuai dengan yang ditanyakan, dan melatih kami untuk peka pada permasalahan yang terjadi pada siswa di dalam maupun di luar kelas sesuai yang mereka ceritakan”. Demikian diungkapkan oleh Imelta, “Berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan dan melihat respon yang diberikan oleh para siswa membuat kami ingin belajar lebih giat lagi, lebih semangat, dan memperbaiki kualitas presentasi seperti menambah kisah inspiratif yang lebih banyak lagi agar kami dan para siswa dapat mengetahui lebih jauh bagaimana penerapannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari”.

Sumber foto: Istimewa

Guru serta pihak pimpinan sekolah sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa dalam memberikan layanan psikologi bagi para siswa. Seperti diungkapkan oleh Ibu Risnawati Anggreni, S.Pd.T., Guru di SMK Bopkri 2 Yogyakarta, ”Terima kasih telah memberikan materi dan pengalaman yang sangat menarik bagi siswa kami semoga bisa memotivasi mereka untuk lebih rajin dalam belajar”. Demikian diungkapkan oleh Bapak Nurhadi, S.Pd.T., selaku WKS 2 SMK N 1 Seyegan, “Kami bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan kualitas pembelajaran siswa dan kami berterima kasih atas partisipasi Fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta melalui kegiatan mahasiswanya”.

Penulis:

W. Relisa. N

Universitas Mercu Buana Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here