Lomba Cerdas Cermat Sociology Competition 2019 Berlangsung Meriah

1
884

Lomba Cerdas Cermat Sosiologi (CCS) yang diadakan di Gedung Theresa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Kampus 4 berlangsung meriah.

Kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HMPS Sos) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY dimulai pada hari Kamis, 24 April 2019 yang lalu dan diikuti oleh 14 tim yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Yogyakarta. Dalam acara rutin yang diadalakan oleh Prodi Sosiologi UAJY ini memilih kegiatan yang bertemakan cerdas cermas bersama sosiologi.

Foto: Sociology Competition UAJY

Terlihat mahasiswa/i yang mengenakan jas almamater UAJY memenuhi ruang perlombaan tersebut. Hadir pula Ketua Program Studi Sosiologi UAJY, para guru pendamping murid dan bersama dengan siswa/i peserta lomba.

Rangkaian kegiatan CCS ini dimulai dari babak penyisihan, kemudian dilanjutkan ke babak semi final dan babak grand final. Para peserta dari setiap tim bersemangat dan mengerjakan soal CCS pada babak penyisihan dengan antusias.

Foto: Sociology Competition UAJY

Pada babak penyisihan terdapat 6 tim yang lolos  kebabak berikutnya yaitu pada babak semi final.Pada babak ini, 6 tim tersebut dibagi menjadi 3 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 2 tim yang siap diadu. Pada babak grand final  terdapat 3 tim, mereka mengerjakan soal tiap tim, lempar rebut dan soal rebutan.

Foto: Sociology Competition UAJY

Kevin Daniel Manullang, Ketua Panitia Sociology Competition 2019 sekaligus mahasiswa Program Studi (Prodi) Sosiologi mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh para pelajar tingkat SMA dari Provinsi DI. Yogyakarta. Ia menjelaskan, bahwa SMA Stella Duce 1 yang memperoleh juara pertama disusul SMA 5 Yogyakarta pada juara kedua dan SMA Stella Duce 2 mendapatkan juara ketiga.

Ia menambahkan, tidak ada kendala yang dihadapi oleh panitia saat menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Kevin juga berharap para peserta makin gemar dalam belajar Sosiologi dan pihak sekolah dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti acara yang akan diselenggarakan oleh Sociology Competition di tahun depan.

“Harapannya para siswa/i lebih semangat belajar dan mungkin tahun depan mereka masih bisa ikut atau adik-adik kelas mereka untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Sociology Competition tahun depan, karena sekolahan mereka mendapatkan juara. Bagi yang belum mendapatkan juara pada lomba CCS ini, jangan bersedih karena masih ada kesempatan lagi untuk memperoleh juara” kata Kevin.

Foto: Sociology Competition UAJY

Adapun pesan yang disampaikan oleh Sri Budiyati kepada mahasiswa/i sosiologi UAJY, bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini penting dan perlu diadakan setiap tahunnya. Kalau bisa kegiatan ini tidak hanya pada lomba cerdas cermat saja melainkan dapat bervariasi setiap tahunnya seperti, lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA. Demikian pesan yang disampaikan oleh salah satu guru dari SMA 2 Bantul.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here