Singkong Nugget – Padukuhan Perbutan

0
334

Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul memiliki sumber daya singkong yang terbilang cukup banyak. Hal ini dikarenakan beberapa padukuhan memilikinya, seperti halnya Padukuhan Perbutan. Dengan berlimpahnya sumber daya singkong tersebut, warga dapat mengolahnya dengan berbagai macam cara. Namun sayangnya, warga Padukuhan Perbutan kurang memahami bahwa singkong dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang penuh inovasi.

Oleh karena itulah, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UAJY ingin mengubah pemikiran warga Padukuhan Perbutan tersebut. Langkah yang dilakukan yakni dengan mengadakan kegiatan kewirausahaan berupa sosialisasi dan pelatihan kepada ibu-ibu di Padukuhan Perbutan. Sosialisasi dan pelatihan ini yaitu terkait pengolahan singkong menjadi singkong nugget. Pengolahan menjadi singkong nugget ini dapat dikatakan sederhana, namun nyatanya belum diketahui dan belum pernah dipraktikkan di Padukuhan Perbutan.

foto: LPPM UAJY

Kegiatan kewirausahaan ini dilaksanakan di Balai Dusun Perbutan dan dihadiri oleh 37 orang (27/12/18). Pada pelaksanaan kegiatan kewirausahaan ini terdapat beberapa kendala. Kendala tersebut seperti kesulitan kelompok dalam menentukan takaran yang pas saat pembuatan singkong nugget. Selain itu, keterbatasan dalam proses pencetakan nugget juga menjadi hambatan dalam proses pelaksanaan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat ibu-ibu Padukuhan Perbutan dalam mengikuti kegiatan kewirausahaan ini. Mereka sangat antusias untuk mengetahui cara pembuatan singkong nugget rasa-rasa tersebut, sehingga materi yang disampaikan pun mudah untuk diterima.

“Harapan dari kegiatan kewirausahaan ini tentunya agar warga Padukuhan Perbutan tidak hanya memiliki kreativitas dalam pengolahan singkong. Tetapi juga bisa menjadikan singkong yang telah diolah tersebut sebuah peluang usaha, sehingga nantinya bisa meningkatkan perekonomian warga itu sendiri”, terang Vincentius P. S., SH., MH. (Dosen Pembimbing Lapangan) kepada SwaraKampus.com. (eci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here