Pemanfaatan Ranting Menjadi Tempat Pensil

0
868

Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul memiliki sumber daya yang bermacam-macam dan berlimpah. Namun nyatanya, tidak semua sumber daya tersebut dimanfaatkan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pemahaman warga akan hal tersebut. Misalnya saja salah satu pohon yang terletak di sekitar desa. Sumber daya yang dimanfaatkan dari pohon tersebut hanya buah maupun daunnya. Sedangkan sumber daya yang lain seperti ranting hanya dibuang begitu saja, tidak dilakukan pengolahan lebih lanjut. Hal ini sama halnya dengan yang terjadi di Padukuhan Perbutan, Desa Katongan yang juga masih termasuk dalam Kecamatan Nglipar.

Melihat hal tersebut, sekelompok mahasiswa KKN UAJY 74 mencoba memanfaatkan ranting yang terbuang tersebut dengan mengolahnya menjadi tempat pensil. Pengolahan ranting menjadi tempat pensil tersebut terwujud dalam kegiatan kewirausahaan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2019 di rumah Ibu Dukuh Perbutan. Sejumlah 18 orang warga mengikuti kegiatan ini dengan antusiasme yang tinggi.

foto: LPPM UAJY

Walaupun begitu, proses pelaksanaan kegiatan ini juga tidaklah mulus. Ada beberapa hambatan seperti sulitnya mahasiswa KKN dan warga dalam melakukan praktik membuat tempat pensil ranting ini. Hal tersebut dikarenakan perlunya ketelatenan dan kesabaran tinggi dalam mempraktikkannya. Di samping itu, kurangnya peralatan yang dibutuhkan membuat warga harus saling bergantian dalam menggunakannya.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk warga Padukuhan Perbutan. Karena dari kegiatan ini, warga bisa memanfaatkan ranting-ranting yang ada di sekitar padukuhan, sehingga tidak dibuang dan berserakan begitu saja”, tutup Ibu Dukuh Perbutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here