Kulit Jagung Bisa Menjadi Aneka Bunga?

0
420

Beberapa sumber daya yang dimiliki Padukuhan Klegung, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul diantaranya ialah singkong dan jagung. Masing-masing sumber daya tersebut memiliki manfaat dan cara pengolahannya sendiri pada tiap bagiannya. Dalam hal ini jagung yang terdapat di Padukuhan Klegung dimanfaatkan sebagai pupuk serta makanan ternak. Namun ternyata tidak seluruh bagian digunakan. Salah satu contohnya adalah kulit jagung yang dibuang dan tidak mengalami pengolahan lebih lanjut.

            Oleh karena itu, muncullah ide dari sekelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UAJY yang berjumlah 12 orang untuk mengolah kulit jagung yang biasanya hanya dibuang tersebut. Ide tersebut disampaikan melalui kegiatan kewirausahaan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2018 di Balai Padukuhan Klegung. Kegiatan kewirausahaan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada warga setempat bahwa kulit jagung bisa diolah menjadi produk yang menarik. Tak hanya menarik, tetapi juga memiliki nilai jual yang tinggi. Salah satu produk yang dikembangkan mahasiswa KKN kelompok 37 ini yakni aneka bunga dari kulit jagung.

foto: LPPM UAJY

            Kegiatan ini didukung penuh oleh Bapak Dukuh Klegung. “Kegiatan ini bagus. Karena warga bisa makin kreatif dalam mengolah kulit jagung. Jadi tidak dibuang sia-sia. Selain itu, kegiatan ini juga sesuai dengan kebutuhan warga. Karena dapat berguna untuk meningkatkan daya perekonomian warga kalau bunga dari kulit jagung itu dijual.”  

            “Pada awalnya warga sempat takut dan kurang percaya diri saat diberikan sosialisasi tentang kegiatan kewirausahaan ini. Namun setelah mencoba mempraktikkannya, tanggapan warga berubah positif. Hal ini terlihat dari grafik yang meningkat dari sebelum hingga sesudah mempraktikkannya”, tambah Vincentius Patria Setyawan, S.H., M.H (Dosen Pembimbing Lapangan KKN UAJY). (eci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here