Kue Lupis Singkong – Padukuhan Klegung

0
456

Seperti halnya beberapa padukuhan lain di Kabupaten Gunung Kidul, Padukuhan Klegung pun memiliki sumber daya yang sama yaitu singkong. Dalam pemanfaatannya, singkong terbilang mudah untuk diolah. Namun apabila dilihat dari pengolahan yang kreatif, hasil olahan singkong ini masih jarang ditemukan di Kabupaten Gunung Kidul. Pengolahan paling lazim dan paling sering ditemui adalah dengan cara direbus dan digoreng.

            Maka melihat permasalahan tersebut, sekelompok mahasiswa KKN UAJY 74 mencoba mencari alternatif lain dalam pengolahan singkong agar terlihat lebih menarik. Olahan yang dikembangkan tersebut ialah kue lupis singkong. Tujuan dari pengolahan singkong menjadi kue lupis ini yakni untuk memberikan wawasan kepada ibu-ibu rumah tangga bahwa singkong juga bisa diolah dengan cara yang kreatif. Hal tersebut dilakukan juga dengan harapan ibu-ibu rumah tangga di Padukuhan Klegung bisa meningkatkan skill dan kreativitas mereka dalam mengolah sumber daya yang tersedia di padukuhan. Begitu seperti dijelaskan Vincentius Patria Setyawan, S.H., M.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 37.

foto: LPPM UAJY

            Di samping itu, pemilihan olahan singkong menjadi kue lupis ini juga dimaksudkan agar warga Padukuhan Klegung memiliki alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya dengan berjualan jajanan pasar yang salah satunya adalah kue lupis singkong ini.

            Proses pembuatan kue lupis dari singkong ini dilakukan oleh mahasiswa KKN kelompok 37 melalui kegiatan kewirausahaan. Rangkaian kegiatan kewirausahaan ini berupa penyuluhan yang berisi penjelasan langkah-langkah membuat kue lupis singkong. Penjelasan tersebut dibuat runtut mulai dari memarut singkong yang telah dicuci hingga lama waktu mengukus adonan kue lupis singkong ini (21/04/19). Langkah penyuluhan ini dipilih karena adanya beberapa kendala. Diantaranya keterbatasan sarana dalam membawa peralatan yang dibutuhkan ke Balai Dusun Klegung pada saat penyuluhan. (eci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here