KKN UAJY│Pengolahan SDA Bambu Menjadi Kerajinan Celengan

0
688

Tujuan dari program kerja kewirausahaan bidang Pengolahan Sumber Daya Alam (SDA) Bambu menjadi produk kerajinan celengan ini adalah untuk menambah pengetahuan warga tentang Pengolahan SDA yang ada di Padukuhan Kaligede terutama tanaman Bambu yang banyak tumbuh di pekarangan rumah warga Padukuhan Kaligede.

Pelaksanaan program kerja kewirausahaan bidang pengolahan SDA Bambu menjadi produk kerajinan celengan adalah salah satu dari sekian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Program tersebut adalah bukti nyata kontribusi pihak kampus terhadap kepedulian lingkungan dan pemanfaatan SDA lingkungan sekitar perumahan warga. Kegiatan sosialisasi dan proses pengerjaan di laksanakan di Balai Duku Kaligede, pukul 13.00 WIB. Peserta yang turut berpartisipasi pada pelatihan ini berjumlah 11 orang. Para peserta mendapatkan materi penjelasan dari pihak mahasiswa KKN UAJY tahap demi tahap dalam proses pemanfaatan tumbuhan Bambu tersebut.

Menurut Dr. I Putu sugiarta Sanjaya, S.E., M.Si., Ak CA. kepada SwaraKampus.com kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i dari UAJY tersebut tentunya bisa menambah perspektif warga lokal untuk bisa mengolah hasil alam sekitar dengan tidak hanya sebatas penghijauan tetapi ada sudut pandang lain yang bisa diaplikasikan dengan bahan dasar tumbuhan bambu tersebut.

foto: LPPM UAJY

Program kerja dari mahasiswa/i UAJY ini diawasi langsung oleh Drs. B. Boy Rahardjo Sidharta, M.Sc. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Antusias dari warga padukuahn Kaligede menunjukan bahwa mereka memperhatikan dengan saksama penjelasan tahap demi tahap dan mulai juga memikirkan progres ke depan dari materi yang mereka dapatkan dari mahasiswa KKN UAJY ini. Pada kesempatan tersebut warga juga terlibat aktif dan langsung bisa berpartisipasi mengembangkan kemampuan mereka dengan membuat karya-karya yang diinginkan.

Warga lokal mulai memikirkan pentingnya aktivitas lain sumber pendapatan mereka yang tidak hanya dari bertani dan berkebun tetapi ada potensi lain yang bisa membuat pertumbuhan ekonomi dan sosial mereka semakin baik dan sejahtera. Hal ini disampaikan langsung oleh Dr. I Putu Sugiarta Sanjaya, S.E., M.Si., Ak CA. kepada SwaraKampus.com. (san)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here