KKN UAJY│Kerajinan Lukisan Anyaman Tenggok

0
573

Masyarakat Blembeman II terkenal memiliki pengrajin-pengrajin anyaman bambu. Anyaman-anyaman bambu tersebut tentunya memiliki potensi untuk bisa dikembangkan lebih maksimal lagi sebagai aktivitas yang bisa menghasilkan pendapatan alternatif bagi warga. Oleh karena itu pada kesempatan ini mahasiswa/i dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) membantu warga Blembeman II untuk kembali melihat dan mengembangkan potensi sumber daya lokal pada diri mereka untuk semakin produktif dan menghasilkan karya yang kraetif dan inovatif.

Menurut Dr. I Putu sugiarta Sanjaya, S.E., M.Si., Ak CA. kepada SwaraKampus.com kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i dari UAJY tersebut merupakan bentuk pengabdian terhadap masyarakat atas ilmu pengetahuan yang didapat di kampus untuk diterapkan di lapangan. Masyarakat diberikan penjelasan dan praktek terkait proses pemanfaatan hasil sumber daya alam lokal menjadi bahan kerajinan yang lebih produktif dan inovatif. 

foto: LPPM UAJY

Program kerja dari mahasiswa/i UAJY ini diawasi langsung oleh Dr. E. Sundari, S.H., M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Program yang diajarkan kepada warga ialah seni Kerajinan Lukisan Anyaman Tenggok. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2019 bersama Ibu-ibu PKK. Materi dijelaskan di Balai Padukuhan setelah selesai rapat Ibu-ibu PKK. Antusias dari warga Blembeman II menunjukan bahwa mereka memperhatikan dengan saksama penjelasan tahap demi tahap. Pada kesempatan tersebut warga juga terlibat aktif dan langsung bisa berpartisipasi mengembangkan kemampuan mereka dengan membuat karya-karya yang diinginkan. Aktivitas tanya jawab juga terlihat dari warga karena mereka begitu aktif menunjukan adanya niat untuk mengembangkan potensi lokal mereka tersebut.

Warga desa akan semakin memahami dan bisa melihat peluang alternatif pendapatan dengan memanfaatkan potensi alam lokal dan dipadukan dengan kreativitas mereka sendiri. Hal ini disampaikan langsung oleh Dr. I Putu Sugiarta Sanjaya, S.E., M.Si., Ak CA. kepada SwaraKampus.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here