KKN UAJY│Inovasi Lampu Hias dari Bambu

0
927

Bambu merupakan tanaman yang banyak tumbuh disekitaran pekarangan rumah warga. Salah satu areal yang diulas adalah wilayah padukuhan Tempuran Kulon sebagai salah satu wilayah yang banyak terdapat tanaman Bambu. Biasanya oleh warga setempat tanaman bambu tersebut tidak digunakan oleh karena itu rencananya akan digunakan untuk meningkatkan nilai guna tanaman bambu tersebut berupa kerajinan Bambu menjadi lampu hias yang dipastikan bisa membuat minta pembeli tertarik dan mengkonsumsi. Aktivitas tersebut adalah salah satu dari rangkaian kegiatan dari mahasiswa/i dari Universitas Atma jaya Yogyakarta yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Padukuhan Tempuran Kulon.


Program kerja dari mahasiswa/i Universitas Atma Jaya Yogyakrata (UAJY) ini diawasi langsung oleh Bapak Ir. Y. Hendra Suryadharma, M.T. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dengan sasaran seluruh warga di padukuhan Tempuran Kulon program kerja ini bertujuan untuk menghadirkan inovasi baru mengenai pengerjaan kerajinan dari tanaman Bambu. Tanaman bambu bisa meningkatkan nilai guna dan menjadikan kerajinan lampu hias memiliki nilai jual yang tinggi.

foto: LPPM UAJY


Adapun pendekatan yang dilakukan oleh pihak UAJY adalah mahasiswa menjelaskan mengenai program kerja yang akan dipraktekan, pelatihan, serta penjelasan terkait manfaat dari aktivitas inovasi berbahan dasar tanaman Bambu menjadi lampu hias tidak hanya sampai pada bagian manfaat mahasiswa juga membantu terkait bagaimana melakukan pemasaran agar dikenal masyarakat luas dan bisa mendapatkan keuntungan.


Antusias dari warga Padukuhan Tempuran Kulon menunjukan bahwa mereka memperhatikan dengan saksama penjelasan tahap demi tahap dan mulai juga memikirkan progres ke depan dari materi yang mereka dapatkan dari mahasiswa KKN UAJY ini. Pada kesempatan tersebut warga yang sebelumnya belum memahami cara menggunakan setelah dijelaskan dan praktek mereka menjadi paham dan adanya upaya dari mereka untuk terus menjalankan aktivitas membuat lampu hias dari tanaman Bambu ini.
Menurut Dr. I Putu sugiarta Sanjaya, S.E., M.Si., Ak CA. kepada SwaraKampus.com bahwa inovasi bisa dimulai dari sesuatu kecil dan sederhana yang ada di sekitar kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here