Ketela Pohon Menjadi Ketela Rasa Keju Balado.

0
1008
Foto : LPPM UAJY

Ketela merupakan salah satu hasil tanaman yang tentunya tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bahan makanan ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan siap santap yang bisa dijual dan menghasilkan pendapatan bagi suatu wilayah atau kelompok.

Padukuhan Pule Kulon, Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang dapat menghasilkan ketela pohon dalam jumlah besar menggunakan lahan yang dibudidayakan. Memanfaatkan sumber daya manusia yang ada, ketela pohon tersebut diolah dan diproduksi menjadi keripik ketela rasa keju balado.

Foto : LPPM UAJY

Bersama dengan kelompok KKN UAJY Angkatan 69 dan Dosen Pendamping Lapangan Kristanto Agung Nugroho, ST., M.Sc., warga diajak untuk mengikuti sosialisasi tentang cara mengolah ketela pohon menjadi keripik ketela, serta proses pengemasan untuk dapat didistribusikan ke berbagai wilayah. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan tanggal 20-21 Juli 2016, ditujukan bagi warga di Padukuhan ini. Tidak hanya sekedar penyebaran informasi, kelompok juga mengajarkan warga melakukan praktik pembuatan ketela tersebut, dimulai pada tanggal 22 hingga 23 Juli 2016.

Foto : LPPM UAJY

Dengan mental ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hasil produksi di kemas dengan baik dan dipasarkan ke beberapa daerah mulai 24-25 Juli 2016. Tujuannya agar produk dapat terjual ke berbagai kalangan dan menambah pemasukkan masyarakat Pedukuhan ini. Bapak Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS. (Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UAJY menyatakan kepada SwaraKampus.com bahwa ibu-ibu Padukuhan Pule sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Pasalnya mereka ingin lebih lagi mengembangkan hasil produksi dengan varian rasa yang berbeda beda.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here