Kerajinan Tangan Padukuhan Pule Gundes II

0
286
Foto : LPPM UAJY

Berbagai jenis sampah seperti daun, kertas, plastik, dan lain lain dihasilkan dan dalam jumlah yang besar dan jika tidak diolah dengan baik, akan menimbulkan penumpukan sampah yang mengancam baik kesehatan, maupun kebersihan lingkungan. Tak terkecuali di Pedukuhan Pule Gundes II, Desa Sidoharjo kecamatan Tepus kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tiap rumah tangga pasti menghasilkan sampah.

Menurut Ir. F. Soandrijanie Linggo, MT selaku Sekretaris Pusat Studi Kawasan Indonesia Timur LPPM UAJY kepada SwaraKampus.com kegiatan untuk penyuluhan daur ulang hasil limbah plastik kepada warga perlu dilakukan sampai saat ini, sehingga sampah tidak menumpuk begitu saja dan hasil kerajinan dapat didistribusikan ke berbagai wilayah.

Foto : LPPM UAJY

Berdasarkan pernyataan tersebut, Mahasiswa KKN UAJY Angkatan 69 berinisiatif mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan sampah, dimana telah dilaksanakan pada tahun 2016. Tujuan kegiatan ini adalah menyosialisasikan cara mengolah limbah plastik sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai. Kelompok berfokus pada pembuatan kerajinan tangan dari sampah plastik. Untuk merealisasikan hal tersebut, kelompok memulai dengan menentukan waktu untuk bertemu dan melakukan sosialisasi.

Foto : LPPM UAJY

Diawali oleh sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan KKN yakni Bapak Kristanto Agung Nugroho, ST., M. Sc., sosialisasi diberikan dengan motivasi membangun kesadaran warga akan pentingnya melakukan pengurangan sampah serta pengolahan sampah plastik. Sekalipun dengan antusiasme yang relatif rendah, kelompok tetap mengadakan kegiatan seminar pengolahan sampah. Warga pun mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga pada akhirnya warga setempat dapat membuat berbagai kerajinan dari sampah plastik, termasuk pada tempat untuk melakukan penjualan. Demikian keterangan dari Ir. F. Soandrijanie Linggo, MT kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here