Warga Padukuhan Prigi Membuat Inovasi Sirup Jagung

0
324
Foto : LPPM UAJY

Padukuhan Prigi merupakan padukuhan yang terletak di Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak ± 1 km dari ibu kota kecamatan dan ± 20 km dari ibu kota kabupaten, Padukuhan Prigi terkenal sebagai sentra pengrajin pathilo.

Sejauh ini, pertumbuhan ekonomi di Padukuhan Prigi masih bertumpu pada sektor pertanian (pertanian, perkebunan, hutan rakyat, dan pertenakan) sehingga diharapkan adanya sektor lain yang mampu membantu menopang pertumbuhan ekonomi Padukuhan Prigi. Oleh sebab itu, menurut Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS selaku Wakil Ketua LPPM UAJY kepada SwaraKampus.com, mengatakan bahwa Padukuhan Prigi perlu mendapatkan pelatihan untuk dapat mengembangkan sektor lain yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi padukuhan misalnya sektor kewirausahaan.

Untuk membantu mengatasi hal tersebut maka Noor Zakiy Mubarrok, ST., M.Ars. selaku Dosen Pembimbing Lapangan bersama 9 mahasiswa/i KKN 69 UAJY melakukan pengabdian masyarakat di Padukuhan Prigi pada tahun 2016. Mereka mengadakan program kewirausahaan kepada warga padukuhan yaitu pembuatan sirup jagung. Tujuan dari program kewirausahaan ini adalah memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai pembuatan sirup jagung. Hal ini dilandasi oleh hasil observasi mengenai potensi alam yang ada di Padukuhan Prigi yakni hasil jagung.

Foto : LPPM UAJY

Pada pelaksanaannya, kelompok mahasiswa tersebut mengundang perwakilan warga dari setiap RT dan memberikan pelatihan dengan demonstrasi pembuatan sirup jagung kepada warga di Balai Padukuhan Prigi. Para warga terutama ibu-ibu terlihat sangat antusias selama mengikuti pelatihan ini.

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh UAJY masih terus berjalan hingga saat ini. Diharapkan program kewirausahaan sirup jagung ini dapat terus berlanjut dan dapat membantu pertumbuhan ekonomi Padukuhan Prigi. Demikian keterangan yang disampaikan oleh Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here