Peningkatan Kewirausahaan-Pembuatan Keripik Singkong Di Padukuhan Pule Gundes II

0
342
Foto : LPPM UAJY

Berbagai wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Padukuhan Pule Gundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta memanfaatkan lahan untuk penanaman singkong. Di daerah ini, sejumlah 49% lahan digunakan untuk penanaman singkong.

Mengingat besarnya asset yang dimiliki Padukuhan ini khususnya hasil pertanian, mahasiswa/I KKN 69 UAJY pada tahun 2016 mencoba membantu meningkatkan kesejahteraan warga Padukuhan Pule Gundes II dengan memanfaatkan aset yang ada.

Kelompok yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Kristanto Agung Nugroho, ST., M. Sc., memilih untuk mengadakan pelatihan tentang bagaimana cara mengolah singkong menjadi keripik yang bisa dipasarkan. Didukung oleh antusiasme warga, pelatihan diadakan di tempat Ibu Dukuh Pule Gundes II.

Foto : LPPM UAJY

Pembekalan diadakan berulang kali, dikarenakan beberapa warga yang belum bisa hadir secara bersamaan pada satu waktu. Namun kelompok dan warga tetap memiliki semangat yang sama untuk mengikuti dan melaksanakan penyuluhan serta proses produksi.

Hasil produksi akhirnya didistribusikan kepada warung warung dan daerah pesisir pantai. Yustina Niken Sharaningtyas, SH., MH. menyatakan kepada SwaraKampus.com bahwa ia berharap proses produksi yang sudah sangat baik ini bisa diteruskan dan ditindaklanjuti. Dengan semangat untuk membenahi kesejahteraan masyarakat, warga diharapkan dapat melanjutkan pembuatan keripik singkong ini serta pendistribusian produk yang lebih luas, agar hasil yang didapatkan juga maksimal.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here