Peningkatan Kewirausahaan di Padukuhan Danyangan – Pengolahan Singkong Menjadi Bolu

0
312

Berdasarkan observasi yang dilakukan, Padukuhan Danyangan, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul memiliki cukup banyak sumber daya alam singkong. Singkong tersebut biasanya diolah oleh warga setempat menjadi keripik singkong maupun singkong rebus. Kedua pilihan olahan ini dilakukan warga karena dirasa pembuatannya yang mudah serta tak memakan biaya.

Maka dari hasil pengamatan serta wawancara yang dilakukan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata 74 mencoba memunculkan inovasi lain pada pembuatan singkong di Padukuhan Danyangan. Inovasi tersebut berupa pengolahan singkong menjadi bolu. Hal ini disampaikan Ketua Pusat Studi Kewirausahaan LPPM UAJY, Bapak Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si.

foto: LPPM UAJY

Pada awalnya warga menganggap pengolahan singkong menjadi bolu tersebut sangatlah rumit. Namun setelah mengikuti tahap sosialisasi selama 2 (dua) kali oleh sekelompok mahasiswa KKN yang berjumlah 11 orang, semangat warga untuk belajar mengolah singkong menjadi bolu meningkat.

Para ibu yang diundang sangat antusias dalam mengikuti proses pelatihan, produksi, maupun pengemasan bolu singkong (26/12/18). Hal ini terlihat dari para ibu yang aktif bertanya ketika kegiatan pelatihan berlangsung. Tak hanya itu, antusiasme ibu-ibu Padukuhan Danyangan juga terlihat saat mereka mencoba untuk membuat bolu singkong di rumah. Bapak Dukuh Danyangan pun menambahkan bahwa dengan adanya pelatihan ini sangat memberikan manfaat bagi warga terutama para ibu rumah tangga. Salah satu manfaatnya yaitu para ibu rumah tangga di Padukuhan Danyangan jadi memiliki kegiatan untuk mengisi waktu luang. (eci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here