Pengolahan Sumber Daya Alam Perkebunan Menjadi Produk Kerajinan – Padukuhan Sriten

0
798

Bambu menjadi sumber daya alam perkebunan yang tersedia cukup banyak di Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Namun berlimpahnya sumber daya bambu ini tidak memunculkan kreativitas warga untuk mengembangkannya. Maka dari itu, sekelompok mahasiswa KKN Universitas Atma Jaya Yogyakarta mencoba mengenalkan kepada warga bahwa bambu yang terdapat di sekitar padukuhan dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk bernilai jual melalui kegiatan kewirausahaan. Kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi sebanyak 2 (dua) kali yang dilakukan di rumah Kepala Dukuh Sriten.

foto: LPPM UAJY

Kemudian pada proses pelatihan, produksi, maupun pengemasan lebih diperjelas lagi mengenai praktik pembuatan produk kerajinan dari bambu tersebut. Produk kerajinan yang dikembangkan oleh kelompok 47 ini yakni vas bunga. Pada tahap pelatihan, produksi, serta pengemasan ini, dilakukan pada tanggal 23 Desember 2018 yang lalu dihadiri oleh 34 orang warga Padukuhan Sriten.

foto: LPPM UAJY

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. kepada SwaraKampus.com mengutarakan tujuan diadakannya kegiatan kewirausahaan ini. Di samping untuk mengenalkan kepada warga terkait potensi bambu yang terdapat di sekitar padukuhan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan ide usaha melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam yang ada di Padukuhan Sriten. Melalui hal tersebut tentunya dapat menunjang perekonomian warga di Padukuhan Sriten.

Dari kegiatan kewirausahaan yang dilakukan, mulai dari proses sosialisasi hingga pengemasan, sangat terlihat antusiasme warga saat mengikutinya. Para warga sangat bersemangat ketika mengikuti kegiatan pembuatan vas bunga secara langsung. Tak hanya itu, warga juga turut berpartisipasi aktif dalam membuat inovasi kerajinan lainnya dari bahan bambu. (eci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here