Pembuatan RakBam (Rak Bambu) di Padukuhan Dungmas

0
454

Pohon bambu sangat mudah ditemui di Padukuhan Dungmas dan memiliki nilai jual. Padukuhan ini terletak di Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul. Masyarakat setempat kurang memanfaatkan bambu-bambu tersebut secara maksimal.

            Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kepada SwaraKampus.com bahwa padukuhan tersebut memiliki pontensi dalam membuka usaha baru dengan memanfaatkan bambu yang ada di daerah tersebut. Untuk itu perlu adanya pelatihan kewirausahaan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaiamana caranya memanfaatkan bambu secara maksimal.

            Woro Wiratsih, S. Pd, MA dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i nya berusaha mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Desember 2018 yang lalu. Mereka melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan membuat program pelatihan kewirausahaan. Pelatihan kewiraushaan ini, ingin membuat inovasi rak bambu. Produk tersebut dikemas menarik dan kreatif diharapkan dapat bernilai jual.

foto: LPPM UAJY

Pelatihan ini dilakukan dengan cara memberikan modul dan penjelasan bagaimana cara pembuatan, alat dan bahan yang dibutuhkan. Mahasiswa/i tersebut  juga memberikan langkah-langkah cara pembuatan. Penjelasan program dilengkap dengan gambar dan alat peraga sehingga warga lebih paham dengan cara pembuatannya.

            Demikian keterangan yang diberikan oleh, Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA kepada SwaraKampus.com. Ia juga mengatakan bahwa program pengabdian masyarakat tersebut masih tetap dilaksanakan hingga saat ini. Program ini tidak hanya di Kabupaten Gunung Kidul melainkan di pulau Jawa yang lainnya juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here