Pembuatan Lamba (Lampu Bambu) di Padukuhan Serut

0
295

PPadukuhan Serut yang terletak di Deja Beji, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul memiliki banyak pepohonan salah satunya pohon bambu. Sayangnya pohon bambu yang ada di daerah tersebut kurang diolah dan terbuang percuma.

Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. Ketua Pusat Studi Energi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwa perlu adanya pelatihan untuk membarikan pengetahuan tentang pengolahan pohon bambu. Karena sangat sayang jika, pohon bambu yang ada di padukuhan tersebut tidak dimanfaatkan.

Dr. Ing Agustina Kiky Anggraini, ST., M.Eng dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i nya melakukan pengabdian masyarakat di Padukuhan Serut, yang dilaksanakan pada Desember 2018 yang lalu. Untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat daerah itu, mereka membuat program pelatihan kewirausahaan tentang bagaimana cara pengolahan bambu menjadi produk yang dapat dipasarkan. Selain itu, kegiatan kewairausahaan kerajinan ini dilakukan dengan tujuan agar warga padukuhan Serut menjadi lebih produktif dan membuka peluang usaha dikemudian hari.

foto: LPPM UAJY

Kegiatan kewirausahaan kerajinan lampu bambu dilakukan pada tanggal 22 Desember 2018 yang lalu pukul 13.00 WIB di Balai Dusun Padukuhan Serut. Mayoritas warga yang mengikuti kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK dan anak-anak dusun Serut. Kegiatan dilakukan dengan menjelaskan cara pembuatan dan menunjukkan langsung kerajinan kepada warga sehingga warga melihat langsung produk kewirausahaan kerajinan.

Kegiatan inni masih ada dan terus dilaksanakan oleh UAJY, bahkan tidak hanya dilaksanakan di Pulau Jawa saja melainkan di Luar Jawa seperti Kalimantan. Demikian keterangan yang disampaikan oleh, Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here