Mahasiswa KKN 69 UAJY Mengajak Warga Puleireng Membuat Bunga Plastik

0
372
Foto : LPPM UAJY

Dilatarbelakangi oleh banyaknya limbah sampah plastik di Padukuhan Puleireng, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta yang terbuang padahal kondisi sampah masih sangat layak untuk diolah.

Menurut Thomas Adi Purnomo Sidhi, ST. MT., Sekretaris Pusat Studi Energi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kepada SwaraKampus.com bahwa Padukuhan Puleireng ini memiliki potensi untuk mengolah limbah sampah menjadi barang yang berguna untuk diolah.

Anugrah Kusumo Pamosoaji, ST., MT., dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i angkatan 69 melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian tersebut dilaksanakan pada Juli 2016 yang lalu. Mereka berusaha untuk membantu masyarakat Padukuhan Puleireng dalam mengatasi masalah mereka. Dengan begitu, mahasiswa/i tersebut melakukan program pelatihan kewirausahaan dalam sosialiasasi mengenai pembuatan bunga plastik dari limbah sampah.

Foto : LPPM UAJY

Pelatihan Kewirausahaan itu dilakukan di balai dusun Padukuhan Puleireng yang dihadiri hampir seluruh ibu-ibu PKK yang sangat antusias dalam pelatihan pembuatan bunga plastik. Mereka mendapatkan pengetahuan baru tentang cara pembuatan bunga dari bahan dasar plastic berkas yang sudah terpakai. Meskipun hasilnya masih kurang sempurna karena yang mereka buat kurang rapih dan masih mudah rusak, mereka tetap semangat untuk mencoba bunga plastic yang lebih bagus lagi.

Demikian keterangan yang disampaikan Thomas Adi Purnomo Sidhi, ST. MT. kepada Swarakampus.com. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh UAJY ini masih terus dilaksanakan hingga saat ini.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here