Jagung Dikuliti menjadi Kerajinan Tangan yang berasal dari Padukuhan Bengle II

0
823
Foto : LPPM UAJY

Padukuhan Bengle II yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang banyak ditanami oleh tanaman jagung. Hal itu terjadi karena kondisi lahan dan cuaca yang cocok untuk penanaman jagung. Namun, dengan berlimpahnya jagung disana, masyarakat Padukuhan Bengle II kurang bisa memanfaatkan jagung secara optimal. Itu disebabkan karena keterbatasan pengetahuan untuk berkreasi dalam masyarakat.

Menurut Ir. F. Soandrijanie Linggo, MT. (Sekretaris Pusat Studi Kawasan Indonesia Timur LPPM UAJY) kepada SwaraKampus.com bahwa Padukuhan Bengle II ini memiliki potensi untuk menjadikan bahan baku jagung untuk lebih optimal sebagai peluang usaha masyarakatnya.

Anugrah Kusumo Pamosoaji, ST., MT., dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i angkatan 69 melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian tersebut dilaksanakan pada Juli 2016 yang lalu. Mereka berusaha untuk membantu masyarakat Padukuhan Bengle II dalam mengatasi masalah mereka. Dengan begitu, mahasiswa/i tersebut melakukan program pelatihan kewirausahaan dalam pemanfaatan kulit jagung menjadi kerajinan tangan yang menarik.

Foto : LPPM UAJY

Pelatihan Kewirausahaan itu dilakukan di balai dusun Padukuhan Bengle II yang dihadiri 20 ibu-ibu PKK. Sebelumnya mahasiswa/i memberi pengetahuan mengenai bagaimana cara mengelola kulit jagung menjadi kerajinan tangan yang dapat mengahasilkan suatu barang yang bernilai ekonomis.

Namun hasil pelaksanaan pelatihan ini tidak berjalan baik karena pada saat KKN berlangsung, jagung sedang tidak panen dan kelompok mahasiswa/i tidak menemukan kulit jagung dengan kualitas bagus, serta pewarna yang diperlukan juga sulit ditemukan. Karena hal itu, mereka mencari contoh hasil kulit jagung yang dijadikan kerajinan tangan dan ditujukan kepada ibu-ibu PKK dan memberi tahu bagaimana cara mengelola kulit jagung menjadi kerajinan tangan.

Demikian keterangan yang disampaikan Ir. F. Soandrijanie Linggo, MT. kepada Swarakampus.com. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh UAJY ini masih terus dilaksanakan hingga saat ini.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here