Daun Kering Bisa Menjadi Hiasan?

0
829

Berawal dari pengamatan terhadap daun kering yang dibiarkan begitu saja oleh warga Padukuhan Blembeman 1. Mahasiswa KKN 74 kelompok 43 memiliki ide untuk mengembangkan potensi tersebut melalui daun kering yang berserakan di sekitar rumah warga.

Daun kering ini ternyata dimanfaatkan menjadi sebuah hiasan. Pemanfaatan daun kering menjadi hiasan ini dilakukan melalui beberapa tahapan seperti sosialisasi, pelatihan, serta produksi dan pengemasan. Melalui tahap sosialisasi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ingin menyadarkan warga bahwa daun kering yang berserakan di sekitar rumah memiliki manfaat lebih daripada sekedar dibiarkan dan dibuang. Sedangkan pada tahap pelatihan, produksi, dan pengemasannya, warga dengan dibantu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata mengolah daun kering menjadi hiasan pada tempat tisu.

Beberapa tahapan ini dilakukan kepada ibu-ibu PKK. Hal ini bertujuan untuk memberikan keterampilan baru dalam memanfaatkan daun kering yang selama ini dianggap tak memiliki kegunaan dan hanya dibuang begitu saja. Ibu-ibu PKK diarahkan bahwa daun kering tersebut bisa memberikan nilai jual yang tinggi di pasaran apabila dimanfaatkan dengan baik.

foto: LPPM UAJY

Bapak Dukuh Blembeman 1 mengutarakan respon warga yang senang atas pengembangan keterampilan tersebut. Beliau yang rumahnya digunakan saat sosialisasi tanggal 19 & 20 Desember 2018 melihat antusiasme warga terhadap kegiatan kewirausahaan ini. Hal ini dikarenakan adanya perubahan pemahaman warga Padukuhan Blembeman 1 yang meningkat dari yang belum mengerti hingga mengerti pemanfaatan daun kering. Namun Bapak Dukuh Blembeman 1 sedikit menyayangkan pada proses pelatihan, produksi, serta pengemasan yang berjalan kurang maksimal. Hal ini disebabkan waktu yang berjalan bersamaan dengan kegiatan kewirausahaan lain sehingga waktu dalam pemberian contoh pembuatannya sangatlah terbatas.

Bapak Suryo Adi Pramono (Dosen Program Studi Sosiologi UAJY) juga menambahkan bahwa melalui kegiatan ini lapangan usaha baru dapat muncul bagi warga Padukuhan Plembeman 1. Bahkan tidak hanya itu, daun kering yang dikembangkan ini juga dapat menjadi ciri khas bagi warga Padukuhan Plembeman 1 terkait kewirausahaannya. (eci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here