Berwirausaha Keripik Jagung di Padukuhan Puleireng

0
348
Foto : LPPM UAJY

Padukuhan Puleireng, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memiliki potensi dalam produksi jagung yang melimpah. Namun, masyarakat setempat kurang memanfaatkan potensi jagung secara optimal yang dapat meningkatkan perekonomian mereka. Hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat dalam bidang wirausaha yang kreatif dan inovatif.

Menurut Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. (Ketua Pusat Studi Energi LPPM UAJY)  kepada SwaraKampus.com bahwa Padukuhan Puleireng ini memiliki potensi untuk menginovasi bahan baku jagung menjadi bahan baku yang lebih sederhana seperti pengolahan keripik jagung.

Anugrah Kusumo Pamosoaji, ST., MT., dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i angkatan 69 melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian tersebut dilaksanakan pada Juli 2016 yang lalu. Mereka berusaha untuk membantu masyarakat Padukuhan Puleireng dalam mengatasi masalah mereka. Dengan begitu, mahasiswa/i tersebut melakukan program pelatihan kewirausahaan dalam pengolahan jagung menjadi keripik jagung.

Foto : LPPM UAJY

Pelatihan Kewirausahaan itu dilakukan di balai dusun Padukuhan Puleireng yang dihadiri hampir seluruh ibu-ibu PKK yang sangat antusias dalam pelatihan pembuatan keripik jagung. Diawali dengan penyampaian mahasiswa/i di depan mereka dalam menjelaskan bagaimana mengolah keripik jagung dengan benar. Setelah itu dilakukan sosialisasi cara pengemasan yang menarik untuk meningkatkan nilai jual keripik jagung.

Ibu-Ibu PKK sangat antusias mendapatkan pengetahuan baru tentang cara pembuatan dan pengemasan keripik jagung. Walaupun hasil masih kurang sempurna dikarenakan keripik jagung yang dibuat mereka agak keras, mereka tetap semangat untuk mencoba membuat kripik jagung dengan adonan yang lebih nikmat.

Demikian keterangan yang disampaikan Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. kepada Swarakampus.com. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh UAJY ini masih akan terus dilaksanakan hingga saat ini oleh KKN angkatan selanjutnya.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here