Pengolahan Pisang Menjadi Selai Pisang oleh Mahasiwa/i UAJY di Padukuhan Beji

0
405

Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Padukuhan Beji yang terletak di Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul. Sayangnya, masyarakat setempat kurang memanfaatkan potensi pisang yang ada di daerahnya. Karena biasany mereka langsung menjual pisang yang mereka miliki bahkan ada yang hanya dijadikan makan dirumah atau tidak dijual.

Menurut Tn. Diah Widiastuti, SE., M.Si. Sekretaris Pusat Studi Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kepada SwaraKampus.com bahwa padukuhan ini memiliki potensi untuk membuka peluang usaha. Jika masyarakatnya dapat, memaksimalkan potensi pisang yang ada di daerah mereka.

Dr. Ing. Agustina Kiky Anggraini, S.T., M.Eng. dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i nya melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian tersebut dilaksnakan pada desember 2018 yang lalu. Mereka berusaha membantu masyarakat setempat untuk mengatasi masalah mereka, yaitu dalam memanfaatkan pisang menjadi produk yang dapat membuka peluag usaha mereka. Dengan begitu mahaswa/i tersebut melakukan program pelatihan kewiraushaan dalam pengolahan pisang menjadi selai pisang.

Pelatihan tersebut dilaksanakan disalah satu rumah warga. Mahasiswa/i memberi penjaelasan bagaimana cara pengolahan pisang menjadi selai pisang. Kemudian mereka melakukan praktek bersama-sama dalam membuat selainya. Selain melakukan praktek secara langsung warga juga diajari bagaimana cara pengemasan selai pisang tersebut untuk dipasarkan.

foto: LPPM UAJY

Warga mengikuti kegiatan tersebut dengan sangat antusias. Karena dengan adanya kegiatan ini mereka menjadi mengerti bagaimana cara pengolahan dan pemanfaatan pisang menjadi suatu produk. Selain itu mereka juga dapat menjadikan kegiatan pembuatan selai pisang itu, menjadi usaha baru di padukuhan tersebut.

Demikian keterangan yag disampaikan oleh, Tn. Diah Widiastuti, SE., M.Si. kepada SwaraKampus.com. Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh UAJY ini masih terus dilaksanakan hingga saat ini.

Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here