Pengelolaan Daun Jati Menjadi Cairan Sanitasi

0
324

Padukuhan Kamal, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo memiliki potensi pohon jati yang cukup baik. Dengan tingkat potensi pohon jati di sekitar Padukuhan Kamal, warga biasanya menggunakan bagian-bagian dari pohon jati seperti daun jati sebagai bahan pewarna alami ataupun sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi pribadi oleh warga Padukuhan Kamal. Cairan Sanitasi merupakan produk yang coba dikembangkan di Padukuhan Kamal dengan memanfaatkan potensi pohon jati yang ada.

Menurut Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. Kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat melalui program kerja yang dilakukan Dosen Pembimbing Lapangan Peter F. Kaming, Ir. M. Eng., Ph. D dan Masiswa KKN UAJY angkatan 72  agar memahami potensi daun jati sebagai produk bisnis yang dapat menguntungkan bagi masyarakat sekitarnya.Selain itu,masyarakat di Padukuhan Kamal dapat menaikan nilai jual dari daun jati itu sendiri.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan dilakukan bersamaan dengan kegiatan produksi pada tanggal 6 Januari 2018 bertempat di Posko KKN kelompok 47. Warga yang hadir dijelaskan tentang potensi pohon jati yang ada di Padukuhan, kemudian menunjukkan sampel dari produk cairan sanitasi yang telah dibuat sekaligus menjelaskan tentang komposisi dan cara pembuatan produk, warga juga diberi kesempatan untuk ikut terlibat dalam kegiatan produksi secara langsung.

Warga memahami tentang potensi pohon jati yang ada dan cara mengelolah daun jati menjadi cairan sanitasi. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. Kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here