Pembuatan Lampu Hias Dari Bambu

0
735

Bambu merupakan sumber daya yang mudah ditemui di Padukuhan Kamal, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Namun dalam pemanfaatannya masih sangat minim, khususnya untuk warga Padukuhan Kamal. Warga di Padukuhan Kamal biasanya hanya menggunakan bambu untuk infrastruktur bangunan rumah.

Menurut Ir. V Yenny Endang Sulistyowati, MT. Kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat melalui program kerja yang dilakukan Dosen Pembimbing Lapangan Peter F. Kaming, Ir. M. Eng., Ph. D dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 membantu masyarakat menjadi lebih inovatif dalam pemanfaatan bambu bukan hanya untuk infrastruktur bangunan rumah namun dapat menjadi produk usaha yang dapat dikembangkan masyrakat di Padukuhan Kamal.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan dilakukan bersamaan dengan kegiatan produksi pada tanggal 4 Januari 2018 bertempat di Posko KKN kelompok 47. Warga yang hadir dijelaskan tentang potensi bambu yang ada di Padukuhan, kemudian menunjukkan sampel dari produk lampu hias yang telah dibuat sekaligus menjelaskan tentang alat, bahan dan cara pembuatan produk.

Warga memahami tentang potensi bambu dan tata cara dalam membuat lampu hias dari bambu. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Ir. V Yenny Endang Sulistyowati, MT.kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here