Pemanfaatan Daun Kering Menjadi Kerajinan Tangan

0
1248

Padukuhan Beji yang terletak di Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul banyak ditemukan daun-daun kering yang bertebaran dilingkungan. Ditambah lagi saat sedang musim kemarau. Biasanya warga hanya membakar daun-daun kotor tersebut kadang juga hanya dibiarkan saja membusuk.

foto: LPPM UAJY

Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwa daun-daun yang kering di padukuhan tersebut dapat diolah menjadi suatu kerajinan yang dapat dipasarkan. Sayangnya masyarakat kurang mengerti bagaimana cara pengolan daun-daun tersebut menjadi kerajinan.

Untuk mengatasi masalah tersebut dosen UAJY Dr. Ing. Agustina Kiky Anggraini, S.T., M.Eng. bersama dengan mahasiswa/i nya yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di padukuhan tersebut pada Desember 2018 yang lalu. Meraka melakukan program pelatihan kewiraushaan. Pelatihan ini memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang bagaimana pengolahan daun kering menjadi kerajinan tangan yang dapat dipasarkan.

foto: LPPM UAJY

Kegiatan tersebut dilaksanakan disalah satu rumah warga. Kegiatan ini diikuti oleh warga dengan antusias. Warga tidak hanya diberikan penjelasan saja melainkan juga peraktek membuat kerajinan tangan bersama.

Setelah dilakukan kegiatan tersebut masyarakat menjadi lebih memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada menjadi produk yang bernilai ekonomis seperti daun kering. Serta dapat mengurangi sampah daun kering di Padukuhan Beji. Demikian keterangan yang disampaikan oleh, Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA kepada SwaraKampus.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here