Pelatihan Bidang Kewirausahaan

0
291

Berdasarkan survey yang dilakukan secara langsung melalui live in pertama dan juga live in kedua yang dilakukan sebelum penerjunan Kuliah Kerja Nyata. Ditemukan bahwa sebenarnya Padukuhan Tirto, di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten kulon Progo,kaya akan sumber daya alam seperti buah-buahan, pisang, kelapa, serta hasil produksi utama Padukuhan  Tirto yaitu gula jawa.

Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak CA kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat melalui program kerja yang dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan  Ines Septi Arsiningtyas Apt., Ph.D dan Mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 membantu masyrakat dalam berinovasi dengan sumber daya alam sekitar.Selain itu, sebagai salah satu alternatif usaha dalam dunia kewirausahaan.

Pelaksanaan dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 30 Desember 2017 pada pukul 19.30 WIB dan juga pada tanggal 1 Januari 2018 pukul 10.00 WIB dilaksanakan di Posko KKN Universitas Atma Jaya Yogyakarta Kelompok 98 Padukuhan Tirto Kegiatan dilakukan bersama dengan para pemuda Karang Taruna serta yang kedua bersama kelompok ibu-ibu PKK .

Pemuda Karang Taruna yang notabene bisa dikatakan pasif menjadi lebih antusias ketika mengerti tentang keuntungan yang diberikan dari produk kewirausahaan, serta bisa dikatakan meningkatkan jiwa kewirausahaan  dari mereka. Sedangkan dari kelompok ibu-ibu PKK, pada awalnya mereka sudah antusias saat menerima informasi yang di berikan oleh penanggung jawab materi dan dapat dilanjutkan dengan proses bersama Kelompok 98 dengan baik.

Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak CA kepada SwaraKampus.com Warga yang mengikuti kegiatan ini sangat menerima pelatihan yang diberikan oleh kelompok KKN 98 . Hal yang berkenaan  disini yaitu produk makanan baru nugget pisang dan bolu gula jawa, yang mana warga ingin segera mencoba nya dan melanjutkan ilmu yang sudah didapatkan dari sosialisasi untuk kedepannya nanti.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here