Inovasi Minuman Fermentasi dari Pisang di Padukuhan Serut

0
311

Melimpahnya sumber daya alam berupa pisang di Padukuhan Serut yang terletak di Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul, kurang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Mereka hanya menjual secara langsung pisang yang telah mereka panen. Hal ini disebebkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mengolah pisang menjadi suatu produk yang dapat dipasarkan.

Menurut A. Hartono Kabag. Administrasi dan Keuangan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakt (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwah perlu adanya pelatihan tentang bagaiamana pengolahan pisang agar menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut Dr. -Ing Agustina Kiky Anggraini, ST., M.Eng bersama dengan mahasiswa/i UAJY melakukan pengabdian masyarakat di padukuhan tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Desember 2018 yang lalu. Mereka juga memiliki program pelatihan kewirausahaan dalam pengolahan pisang menjadi minuman fermentasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana caranya mengolah pisang menjadi minuman fermentasi yang dapat dijual atau dipasarkan. Selain itu hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

 Kegiatan mengenai pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2018 yang lalu. Kegiatan tersebut dihadiri warga desa Serut (Ibu-ibu PKK) dengan kegiatan demonstrasi cara membuat minuman fermentasi dari buah pisang.

foto: LPPM UAJY

Kegiatan pelatihan kewirausahaan telah dilaksanakan secara langsung dan berjalan cukup memuaskan, karena warga desa Serut terutama ibu-ibu PKK sangat tertarik dan antusias mengikuti kegiatan pelatihan mengolah pisang menjadi minuman fermentasi.

Program pengabdian masyarakat ini masih terus dilakukan hingga saat ini oleh UAJY. Program tersebut tidak hanya dilaksanakan di Padukuhan Serut bahkan tidak hanya di laksanakan di Kabupaten Gunung kidul, melainkan dilaksanakan di luar pulau jawa seperti di Kalimantan dsb. Demikian keterangan yang disampaiakan oleh, A. Hartono kepada SwaraKampus.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here