Pupuk Pelepah Pisang

0
295
Foto : LPPM UAJY

Pelepah pohon pisang identik dengan sampah dan sering dimusnahkan bergitu saja dengan cara dibuang atau dibakar. Hal itu terjadi di Padukuhan Boro, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta yang dimana warga disana bahwa pelepah pisang bisa diolah lagi menjadi pupuk yang bermanfaat bagi tanaman.

Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. selaku Ketua Pusat Studi Kewirausahaan UAJY kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat KKN UAJY khususnya pada bidang kewirausahaan tetap berjalan hingga saat ini, karena dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan pengolahan produk pangan dapat meningkatkan skill dan memotivasi mereka.

Maka dengan itu, Mahasiswa/i KKN Angkatan 69 melakukan pengabdian di Padukuhan Boro membuat program pupuk pelepah pisang agar dapat memaksimalkan penggunaan pelepah pisang yang ada di Padukuhan Boro, serta memakmurkan dan mensejahterahkan warga.

Foto : LPPM UAJY

Terutama warga yang kondisi perekonomiannya kurang, agar dapat lebih maju dan berkecukupan, dan memberikan tambahan wawasan tentang pengolahan produk yang baik agar dapat menambah nilai jual produk tersebut lebih tinggi lagi.

Warga sangat antusias dalam proses pembuatan produk ini. Kegiatan dimulai dari proses pengemasan dan pemasaran yang dilakukan di Goa Maria Borosuci. Diharapkan penjualan ini dapat membantu memakmurkan warga yang perekonomiannya kurang mampu menjadi lebih berkecukupan. Kelompok berharap produk yang dihasilkan dapat terjual dengan baik bukan hanya di dalam pedukuhan saja, tetapi juga sampai keluar pedukuhan.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here