Proses Pengolahan Limbah Jagung Menjadi Boneka Kulit Jagung

0
1198

Kegiatan sosialisasi pengolahan limbah kulit jagung menjadi boneka kulit jagung  di Padukuhan Wadas,Kecamatan Girimulyo,Kabupaten Kulonprogo perlu dilakukan melihat banyaknya limbah kulit jagung yang terbuang dimana jagung merupakan hasil pertanian utama dari Padukuhan Wadas. Kegiatan terdiri dari pemberian penyuluhan mengenai  proses produksi boneka kulit jagung dan cara pemasaran boneka kulit jagung secara efektif.

Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat melalui program kerja yang dilakukan Dosen Pembimbing Lapangan Lucinda, Dra., M.Le dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72, dengan adanya  pemanfaatan limbah menjadi boneka kulit jagung diharapkan dapat membangun kesadaran warga dalam pemeliharaan lingkungan serta  menjadi potensi usaha bagi warga padukuhan Wadas dalam mengembangkan kewirausahaan berwawasan lingkungan. Selain itu membantu masyarakat Padukuhan Wadas agar  lebih kreatif dalam membangun bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat Padukuhan.

Penyuluhan dan pelatihan pembuatan boneka kulit jagung dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Desember 2017 pukul 13.00 WIB. Program kerja bertepatan dengan perkumpulan ibu – ibu PKK di rumah Ketua Dukuh sehingga mudah mengumpulkan warga.

Sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan berjalan dengan baik. Warga sangat antusias dengan adanya pemanfaatan limbah kulit jagung menjadi usaha boneka kulit jagung dilihat dari banyaknya warga yang bertanya mengenai proses produksi serta pemasaran boneka kulit jagung hingga ada yang mengundang untuk diajarkan ke anak – anak demikian keterangan Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA kepada SwaraKampus.com .

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here