PRODUK KUKONG ASLI DONGSARI TEPUS

0
335
Foto : LPPM UAJY

Singkong merupakan hasil pertanian yang unggulan bagi Warga Padukuhan Dongsari, Kelurahan Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, sayangnya mereka tidak mendaur ulang hasil panen tersebut untuk menjadi makanan ringan yang higenis dan berkualitas.

Dari fakta tersebut, Ir. Y.P. Suhodo Tjahyono, MT dengan 9 mahasiswa/I KKN Angkatan 69 UAJY tahun 2016 telah melakukan pelatihan produksi kulit singkong atau KUKONG yang tidak digunakan oleh mereka menjadi produk yang menghasilkan dan menguntungkan.

Ketua Yustina Niken Sharaningtyas, SH., MH. (Ketua Pusat HKI LPPM) kepada SwaraKampus.com dengan mengadakan penyuluhan pada masyarakat dalam akan mendapatkan kesadaran atas pentingnya produksi yang higenis, pengemasan yang lebih inovatif dan menarik, Sebab itu pengabdian seperti itu masih berlanjut hingga saat ini.

Foto : LPPM UAJY

Pelaksanaan program Kulit Singkong yang diikuti oleh ibu-ibu dengan mengikuti seluruh berbagai pelatih dari sosialisai, cara memproduksi, cara mengemas, cara memasarkan, targeting pasar, cara menentukan biaya jual, dan mengenalkan pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan dimana sudah terlaksana dari tanggal 14-21 Juli 2016. 

Foto : LPPM UAJY

Hasil dari terlaksannya program kerja ini terbilang cukup baik, terlihat pada antusiasme yang tinggi dari ibu-ibu di Padukuhan Dongsari. Mereka memperoleh pengetahuan yang baru seperti bagaimana cara membuat kripik singkong yang baik, karena ibu-ibu warga disana tidak pernah membuat keripik dari kulit singkong. Sehingga ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi mereka kearah yang lebih baik.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here