Pengabdian Masyarakat KKN 69 UAJY Dalam Pembuatan Manisan Pepaya dan Keripik Daun Pepaya

0
476
Foto : LPPM UAJY

Di Padukuhan Depok, Desa Banjarsari, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, DIY mempunyai hasil perkebunan yang beragam seperti singkong, pepaya, dll. Namun, mereka kurang mampu dapat mengolahnya menjadi makanan ringan yang berkualitas.

Menurut Thomas Adi Purnomo Sidhi, ST. MT. (Sekretaris Pusat Studi Energi LPPM) kepada SwaraKampus.com dengan diadakan program kerja dalam bidang kewirusahaan, dengan mengembangkan inovasi produk pangan akan bisa meningkatkan skill masyarakat dan sangatlah penting untuk mendukung perekonomian mereka. Hal itu masih terus dilanjutkan hingga saat ini.

Dari permasalahan tersebut diatasi oleh Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. bersama 9 Mahasiswa/i KKN 69 UAJY membuat program dalam pemanfaatkan sumber daya yang digunakan dalam memproduksi Manisan Pepaya dan Keripik Daun Pepaya di Padukuhan Depok pada tahun 2016.

Foto : LPPM UAJY

Dalam pelaksanaannya, mereka memberikan pelatihan kepada ibu-ibu mengenai cara membuat Manisan dan Keripik Daun Pepaya kepada ibu-ibu didalam Padukuhan Depok. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatkan Warga Depok dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada.

Warga disana sangat berpatisipasi dalam mendukung kegiatan memproduksi, mengemas dan cara memasarkan produk Manisan Pepaya dan Keripik Daun Pepaya. Mereka sadar bahwa sumber daya yang tersedia di padukuhan sehingga mereka hanya mengelolah dan memanfaatkan apa yang ada di dalam padukuhan depok.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here