Peningkatan Kreativitas Warga Padukuhan Kembangsari Lewat Pelatihan Pembuatan Kue Kelapa

0
307
Foto : LPPM UAJY

Kegiatan sosialisasi kepada warga di Padukuhan Kembangsari, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengenai pengolahan bahan baku kelapa menjadi Kue Kelapa denga produk pangan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini dikarenakan hasil pertanian terbesar di daerah ini merupakan kelapa dan cocoa (biji coklat) yang tetap panen setiap tahunnya.

Menurut Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. (Ketua Pusat Studi Energi) kepada SwaraKampus.com kegiatan pelatihan dalam peningkatan kewirausahaan sudah dilakukan oleh kelompok mahasiswa/i KKN Angkatan 69 UAJY dan Elisabet Dita Septiari, SE., M.Sc. di Padukuhan Kembangsari pada tahun 2016 terus berjalan hingga saat ini dan mampu berkembang serta dapat bisa bersaing di pasar secara sehat.

Foto : LPPM UAJY

Program kerja yang dilaksanakan di rumah Bapak Ahwi (Kepala Dukuh) seluruh ibu-ibu warga Kembangsari langsung mempratikkan cara pembuatannya. Selain melakukan pelatihan pembuatan kue kelapa, mereka juga melatih warga disana untuk memilih kemasan (packaging) serta menyiapakan branding untuk produk tersebut sehingga nantinya dapat bersaing dengan baik di pasar.

Jadi dari seluruh pelatihan yang sudah diberikan adalah masyarakat Padukuhan Kembangsari memperoleh ilmu baru dalam pembuatan makanan tersebut dan juga dapat belajar bagaimana menawarkan produk dengan efektif. Demikian keterang dari Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here