Peningkatan Kewirausahaan Mengolah Permen Jahe

0
474

Berdasarkan hasil yang terdapat di Padukuhan Kalingiwu, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Sumber Daya Alam (SDA) di Padukuhan Kalingiwu memiliki potensi pada bidang sektor Home Industry. Hasil tersebut diantaranya adalah Permen Jahe.

Menurut Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS. kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat melalui program kerja yang dilakukan dosen pembimbing lapangan Dr. E. Mursyanti, M.Si. dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 kelompok 49 membantu masyarakat padukuhan Kalingiwu. Perencanaan program kerja kewirausahaan Pembuatan Permen Jahe bertujuan untuk mengenalkan kepada warga Padukuhan Kalingiwu mengenai manfaat kewirausahaan baik secara teori maupun praktek dan mengenalkan produk Padukuhan Kalingiwu yang bisa dijual ke masyarakat luas sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif mata pencaharian dan meningkatkan pendapatan warga Padukuhan Kalingiwu.

Program kerja Pembuatan Permen Jahe dilaksanakan di rumah Kepala Padukuhan Kalingiwu pada tanggal 30 Desember 2017 dan dihadiri oleh 10 orang warga. Pembuatan Permen Jahe telah berjalan dengan lancar berkat dukungan warga yang datang memiliki rasa antusias yang tinggi. Selain itu, warga juga mulai mencoba untuk membuat Permen Jahe sebagai alternatif usaha.

Program kerja Pembuatan Permen Jahe memberikan hasil bahwa warga Padukuhan Kalingiwu memahami manfaat kewirausahaan baik secara teori maupun praktek. Warga yang hadir telah mengikuti program kewirausahaan Pembuatan Permen Jahe dengan baik. Program ini memberikan pilihan kepada warga Padukuhan Kalingiwu untuk alternatif usaha.

Dengan adanya KKN, maka antusiasme, kepahaman, dan kepuasan warga tentang pembuatan Permen Jahe meningkat. Hingga saat ini Permen Jahe menjadi produk UKM di Padukuhan Kalingiwu. Demikian keterangan yang diberikan Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS. kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here