Pembuatan Singkong Kukus Di Padukuhan Ngaren

0
338
Foto : LPPM UAJY

Hasil perkebunan unggulan yang dimiliki warga di Padukuhan Ngaren, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah singkong yang dimana mereka tidak mengetahui cara mengolah panen tersebut menjadi produk pangan yang menarik dan berkualitas selain bisa dibuat untuk gorengan.

Dari permasalahan tersebut diupayakan oleh Mahasiswa/i KKN 69 UAJY sudah melakukan pengabdian masyarakat di Padukuhan Ngaren yang juga dibimbing oleh Rebekka Rismayanti, M.A. untuk membuat suatu program di bidang kewirausahaan, yaitu Brownies Singkong Kukus guna meningkatkan skill masyarakat disana.

Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UAJY) kepada SwaraKampus.com menyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat di Padukuhan Ngaren masih tetap berjalan hingga saat ini dan padukuhan-padukahan lain juga mendapatkan pengabdian masyarakat dari mahasiswa/I UAJY untuk memajukan keterampilan masyarakat disana khususnya di bidang kewirausahaan.

Foto : LPPM UAJY

Sosialisasi dari Mahasiswa KKN UAJY yang dilakukan pada tanggal 21 Juli 2016 dengan cara memberitahu warga mengenai program Brownies Singkong Kukus. Kegiatan ini diikuti oleh semua ibu-ibu warga Padukuhan Ngaren dan dilakukan dirumah Pak Dukuh.

            Pada tanggal 23 Juli 2016 perencanaan yang sudah dilakukan sebelumnya, warga terlihat antusias pada saat mengikuti sesi proses pembuatan brownies. Dalam pelaksanaan ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu produksi, pengemasan, dan pemasaran. Demikian keterangan dari Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here