Peluang Usaha Kuliner Puding Sedot

0
411

Mayoritas mata pencaharian masyarakat padukuhan Ngampon yang terletak di Desa Watusigar, Kecamatan Ngampon, Kabupaten Gunung Kidul adalah petani dan masih jarang yang melakukan wirausaha. Hasil panen mereka biasanya langsung dijual kepada pengepul.

Menurut Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si Ketua Pusat Studi Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di padukuhan tersebut perlu adanya pengenalan kewirausahaan. Hal tersebut bertujuan untuk membuka peluang usaha di daerah tersebut. Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian mereka juga.

 Untuk mengatasi hal tesebut Drs A Wibowo Nugroho Jati M.S dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i nya melakukan pengabdian masyarakat. Selain itu mereka juga melakukan pengenalan dan pelatihan kewiraushaan. Pelatihan dn pengenalan ini di bidang kuliner yaitu puding sedot.

foto: LPPM UAJY

Program kerja kewirausahaan dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2018 yang lalu. Bertempat di balai dusun Ngampon dan dihadiri oleh ibu-ibu PKK. Saat pelaksanaan program kerja kewirausahaan ibu-ibu PKK sangat berantusias dan menjadikan kewirausahaan puding sedot sebagai hal baru di Padukuhan Ngampon.

Dari pelaksanaan kewirausahaan ini ibu-ibu PKK dapat mempraktekan membuat puding sedot sendiri karena memang tidak terlalu rumit proses pembuatannya. Inovasi kewirausahaan ini juga dapat membuka usaha baru teruntuk ibu-ibu PKK di padukuhan tersebut. Demikian keterangan yang disampaikan oleh, Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiwa/i Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here