Pelatihan pembuatan lampu kepada Karang Taruna

0
722

Padukuhan Tonobakal, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, merupakan sebuah pedukuhan yang memiliki banyak potensi sumber daya alam yang cukup banyak, salah satunya adalah perkebunan kelapa. Biasanya masyarakat Padukuhan Tonobakal hanya membuang batok kelapa atau batok kelapa hanya dijadikan arang, batok kelapapun dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai produk kerajinan,

Menurut Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. kepada SwaraKampus.com program kewirausahaan yang dilaksanakan dosen pembimbing lapangan Doriani Lingga, S.E.,M.A.Ec. dengan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72, yaitu memanfaatkan batok kelapa dengan mengolah kelapa menjadi produk kerajinan lampu hias. Program kewirausahaan bertujuan untuk menambah pengetahuan berwirausaha kepada warga padukuhan khususnya ibu-ibu PKK.

Perencanaan dibuat dengan tahap-tahap yang di mulai dengan penyuluhan dan pelatihan, produksi, pengemasan atau pelabelan kemudian pemasaran. Seluruh rangkaian kegiatan direncakan akan dimulai tanggal 07 Januari 2018. Dari seluruh rangkaian kegiatan yang di rencanakan, kegiatan penyuluhan serta pelatihan dimulai tanggal 07 Januari 2018, kemudian kegiatan produksi kerajinan lampu hias dari batok kelapa yang dilaksanakan tanggal 07 Januari 2017. Kegiatan berikutnya adalah pengemasan atau pelabelan produk yang dilakukan pada tanggal 11 Januari 2017.

Dari rangkaian pelaksanaan pembuatan lampu hias yang telah di laksanakan Bersama ibu-ibu PKK dapat disimpulkan bahwa program kerja kewirausahaan ini cukup sukses, dapat dilihat dari antusias, pemahaman dan pertanyaan ibu-ibu PKK dalam pembuatan lampu hias dari batok kelapa ini. Kegiatan pembuatan produk lampu hias dari batok kelapa sampai saat ini masih dapat dilaksanakan. Demikian keterangan yang diberikan Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here