Pelatihan Kewirausahaan Pengolah Kacang Kedelai Menjadi Susu Kedelai

0
596

Padukuhan Ngelorejo terletak di Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul  merupakan salah satu wilayah pengahasil kedelai. Namun kedelai yang dihasilkan hanya dijual secara mentah. Hal ini sangat disayangkan kerena kedelai dapat diolah menjadi beberapa produk yang dapat dipasarkan.

Menurut Suryo Adi Pramono Pakar Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), mengatakan kepada SwaraCampus.com bahwa padukuhan tersebut perlu adanya pelatihan tentang bagaimana cara pengolahan kedelai sehingga menjadi suatu produk yang dapat dipasarkan. Tidak hanya dapat dipasarkan saja, melainkan dapat diterima di masyarakat. Sehingga dapat menambah penghasilan warga padukuhan tersebut.

            Untuk mengatasi masalah diatas, St. Nindito, S.Sos., M.Si Dosen Pembimbing Lapangan bersama dengan mahasiswa/i UAJY mengadakan pengabdian masyarakat di padukuhan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada Desember 2018 yang lalu. Salah satu program pengabdian masyarakat yang mereka laksanakan yaitu pelatihan kewiraushaan.

            Pelatihan ini bertujuan untuk memberi tahukan kepada warga bagaimana cara pengolahan kedelai menjadi suatu produk sehingga mereka dapat menjual produk tersebut. Untuk itu mereka melakukan pelatihan kewirausahaan tentang bagaimana membuat kedelai menjadi susu kedelai yang dapat dipasarkan.

foto: LPPM UAJY

            Pelatihan tersebut iikuti oleh warga Padukuhan Ngelorejo, mereka terlihat sangat antusias. Mereka juga diajak untuk melakukan praktek bersama-sama dalam pembuatan susu kedelai.

            Kegiatan pengamdian masyarakat yang dilaksanakan oleh UAJY masih terus dilakukan hingga saat ini. kegiatan tersebut juga tidak hanya dilakukan di Padukuhan Ngelorejo tetapi juga di padukuhan lainnya yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Demikian keterangan yang disampaikan oleh, Suryo Adi Pramono kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswa Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here