KKN 69 UAJY Melakukan Pelatihan Kerajinan Tangan Kulit Jagung Di Padukuhan Dongsari

0
750
Foto : LPPM UAJY

Padukuhan Dongsari, Kelurahan Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta banyak warga membuat kerajinan dari kulit jagung yang masih belum terlalu banyak di produksi. Sehingga nilai jual dari kerajinan ini nantinya akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Menurut Dr. Y. Argo Twikromo, MA. (Ketua Pusat Studi Kawasan Indonesia Timur) kepada SwaraKampus.com dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan kewirausahaan pada masyarakat di masing-masing padukuhan masih perlu dilakukan hingga saat ini, untuk menciptakan dan menyediakan produk. Sehingga dapat menjadikan masyarakat lebih kreatif dalam menyampaikan ide-ide dan kreasinya.

Permasalahan itu diatasi oleh Mahasiswa/i KKN Angkatan 69 UAJY di Padukuhan Dongsari dimana juga didamping oleh Ir. YP. Suhodo Tjahyono, MT tahun 2016 ingin meningkatkan pendapatan ekonomi mereka dengan mengajarkan pemanfaatan limbah menjadi bahan yang mendapat nilai jual tinggi seperti produk MBAHGUN.

Pelaksanaan sosialisasi Mbahgun ini telah dilakukan pada tanggal 14 – 15 Juli 2016 untuk memberikan arahan kepada ibu-ibu PKK tentang apa saja yang akan dilakukan dan perlu di persiapkan pada waktu pelaksanaan kegiatan.

 Kemudian pada tanggal 18-21 Juli 2016 pelaksanaan pelatihan kerajinan tangan bunga dari kulit jagung diikuti 13 orang ibu-ibu. Dimulai dari cara pembuatan bunga, pengemasan hingga pemasarannya.

Foto : LPPM UAJY

Hasil dari seluruh kegiatan ini, bahwa ibu-ibu warga Padukuhan Dongsari sangat senang terhadap program kerja yang dilakukan oleh Mahasiswa/i UAJY. Disisi lain mereka juga mendapatkan kesadaran atas pentingnya produksi yang baik, pengemasan yang lebih inovatif dan menarik. Demikianlah keterangan dari Dr. Y. Argo Twikromo, MA. kepada SwaraKampus.com

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here