Kewirausahaan Pengolahan Brownies Talas

0
287

Berdasarkan hasil yang terdapat di Padukuhan Teganing II, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Sumber Daya Alam (SDA) di Padukuhan Teganing II memiliki potensi pada bidang sektor Kewirausahaan. Hasil tersebut diantaranya adalah Asbak Batok kelapa.

Menurut Th. Diah Widiastuti, SE.,M.Si kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat melalui program kerja yang dilakukan dosen pembimbing lapangan Y. Kunharibowo, S.Sos., Ma dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 kelompok 103 membantu masyarakat padukuhan Teganing II. Program kerja kelompok, yaitu kewirausahaan yang dilakukaan adalah melakukan kegiatan pembuatan brownies yang berbahan dasar dari ubi talas yang banyak terdapat diwilayah padukuhan Teganing II. Kewirausahaan pengelolaan talas sebagai bahan baku makanan yaitu brownies ini dilakukan agar masyarakat Padukuahan Teganing II dapat memaksimalkan sumber daya alam yang tersedia diwilayah tersebut. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru terhadap warga padukuhan Teganing II tentang variasi menu dari talas yang dapat dibuat makanan yang menarik. Sasaran dari program kerja ini adalah Ibu-ibu PKK padukuhan Teganing II.

Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2017 di Rumah Ibu Dukuh Teganing II. Pelaksanaan ini dilakukan pada siang hari yaitu jam 13.30 WIB, pelaksanaan terdiri dari penyuluhan dan pelatihan. Penyuluhan disini dilakukan dengan cara memberikan materi mengenai pentingnya pemanfaatan talas yang banyak tersedia di padukuhan Teganing II. Proses pelaksanaan berjalan dengan lanca dan ibu-ibu PKK sangat antusias dalam pembuatan brownies dari talas. Selain itu, ibu-ibu mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengolahan makanan yang berbahan talas.

Pelaksanaan program kerja berjalan dengan lancar dikarenakan ibu-ibu sudah mempunyai bakat memasak. Pada saat pelaksanaan yang hadir kurang lebih 17 orang dari keseluruhan pelaksanaan kewirausahaan makanan brownies talas. Selain itu, warga mendapatkan pengalaman baru dari bahan dasar telas.

Hingga saat ini Brownies Talas menjadi produk UKM di Padukuhan Teganing II. Demikian keterangan yang diberikan Th. Diah Widiastuti, SE.,M.Si kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY ffffffffffff

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here