Keripik Pisang dan Roti Pisang Coklat

0
543
Foto : LPPM UAJY

Hasil ladang dapat dimanfaatkan dengan cara mengolah menjadi makanan yang bergizi dan enak yang nantinya dapat dikonsumsi sendiri ataupun dipasarkan. Sebagian besar hasil ladang warga di Pedukuhan Bedug, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY adalah pisang yang dimana tidak hanya diolah menjadi gorengan atau menu minuman, tetapi bisa dijadikan makanan ringan yang enak dalam kemasan produk yang menarik.

Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. (Ketua Pusat Studi Energi UAJY) kepada SwaraKampus.com pemberdayaan dalam membuka sosialisasi kewirausahaan terhadap usaha kecil dapat memulihan perekonomian serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya di Padukuhan Bedug.

Hal ini dilaksanakan mahasiswa/i KKN 70 UAJY tahun 2016 yang didampingi oleh Ignatius Novianto Hariwibowo S.E., M.Acc (Dosen Pembimbing Lapangan) untuk dimana nantinya pada saat musim pisang ibu-ibu memliki pengetahuan baru cara lain dalam mengolah pisang yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh Ibu- ibu warga Pedukuhan Bedug.

Foto : LPPM UAJY

Ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan, penyuluhan dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2016 bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu dalam mengolah pisang menjadi keripik pisang aneka rasa dan roti pisang coklat sehingga kreativitas ibu-ibu warga Pedukuhan Bedug dapat berkembang.

Foto : LPPM UAJY

 Kedua kegiatan produksi dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2016 di lokasi yang sama dengan tujuan pembuatan keripik pisang aneka rasa dan roti pisang coklat. Kegiatan ketiga , yaitu pengemasan dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2016 untuk membuat kemasan dan merek agar dapat memberikan daya tarik terhadap masyarakat Bedug dan pembeli.

Terakhir kegiatan Pemasaran dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2016 di warung-warung sekitar Pedukuhan Bedug. Tujuannya agar keripik pisang aneka rasa dan roti pisang coklat dapat beredar dipasaran dan dikenal masyarakat luas. Dengan adanya produk keripik pisang aneka rasa dan roti pisang coklat sebagian dari masyarakat merasa puas akan cita rasa yang dihasilkan dari olahan tersebut. Demikian keterangan dari Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. kepada SwaraKampus.com

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here