Kelompok KKN 69 Mengajak Warga Padukuhan Kepiton Membuatan Arang Sekam Padi

0
527
Foto : LPPM UAJY

Setiap daerah memiliki hasil alam yang berbeda beda sesuai dengan kondisi lingkungannya. Hasil alam yang berbeda disetiap daerah inilah yang dapat di manfaatkan menjadi keunggulan atau ciri khas daerah jika memilki strategi pengolahan serta pemasaran yang tepat.

Menurut Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS. selaku Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UAJY kepada SwaraKampus.com pelatihan skill dapat meningkatkan produksi dalam inovasi kewirausahaan, membentuk kreativitas masyarakat dan membuka kesempatan untuk mencari sumber pendapatan tambahan yang dilakukan dari kegiatan ini.

Dengan itu, pada tahun 2016 Rebekka Rismayanti, M.A. dengan 9 Mahasiswa/i KKN 69 UAJY melaksanakan program kerja kewirausahaan di Padukuhan Kepiton, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo dengan memanfaatkan hasil alam berupa limbah sekam padi yang diolah menjadi Arang Sekam Padi dengan cara dibakar, sehingga menghasilkan pupuk atau media tanam.

Foto : LPPM UAJY

Dalam pembuatan sekam padi, mahasiswa KKN mengadakan sosialisasi kepada warga mengenai proses pengolahan sekam padi serta pengemasan dan pemasaran yang tepat untuk produk yang akan dibuat dimana sudah dilaksanakan pada tanggal 12 dan 22 Juli 2016. Setelah itu, warga diajak untuk mempratikkan pembuatan Arang Sekam Padi di halaman rumah pak dukuh pada tanggal 27 Juli 2016.

Foto : LPPM UAJY

Mahasiswa/i KKN bersama-sama dengan Warga Kepiton mulai memasang cerobong hingga sekam yang sudah dipersiapkan oleh peserta KKN, dan dilanjutkan dengan pembakaran hingga arang sekam terbakar rata dan disiram air kemudian diratakan sebelum digunakan setelah satu hdari. Setelah praktek pembuatan arang sekam padi selesai, selanjutnya pada tanggal 28 Juli 2016, menjelaskan mengenai pengemasan hingga pemasaran.

Seluruh warga Kepiton yang hadir sangat antusias menanggapi nama produk serta kemasan yang ditunjukan. Warga Padukuhan Kepiton benar-benar mengetahui dan melakukan praktek pembuatan arang sekam padi sendiri. Harapan nantinya dapat meneruskan kegiatan kewirausahaan dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan tambahan atau dapat digunakan sendiri untuk media tanam atau lahan pertaniaanya (sawah).

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here