Bolu Arang Bambu

0
539
Foto : LPPM UAJY

Kegiatan ini dilaksanakan agar dapat memaksimalkan penggunaan bambu yang ada di Padukuhan Boro, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan memakmurkan dan mensejahterahkan warga, terutama warga yang kondisi perekonomiannya kurang, agar dapat lebih maju dan berkecukupan, serta memberikan tambahan wawasan tentang pengolahan produk yang baik agar dapat menambah nilai jual produk tersebut lebih tinggi lagi.

Menurut Dosen Sosiologi UAJY Suryo Adi Pramono, SIP., M.Si, kepada SwaraKampus.com bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa/I KKN Angkatan 69 di Padukuhan Boro pada tahun 2016 dimana juga didampingi Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. memberikan sebuah penyuluhan mengenai cara membuat Bolu Arang Bambu dengan bahan dasar arang bambu agar bisa menjadikan peluang usaha dan itu masih tetap berlanjut sampai sekarang, tapi di padukuhan yang berbeda.

Foto : LPPM UAJY

Pada saat pelaksanaan program kerja ini, peserta yang hadir menyambut baik terhadap kelompok KKN dan secara aktif bekerja sama dalam pelatihan pembuatan pupuk cair pelepah pisang ini. senang karena warga juga sangat antusias dalam proses pembuatan produk ini. Kegiatan pengemasan program kerja pupuk cair pelepah pisang juga berjalan dengan lancar.

Foto : LPPM UAJY

Kemudian dilakukan proses pemasaran yang dilakukan di Goa Maria Borosuci, diharapkan penjualan ini dapat membantu memakmurkan warga yang perekonomiannya kurang mampu menjadi lebih berkecukupan. Kelompok berharap produk yang dihasilkan dapat terjual dengan baik bukan hanya di dalam pedukuhan saja, tetapi juga sampai keluar padukuhan. Demikian keterangan dari Suryo Adi Pramono, SIP., M.Si, kepada SwaraKampus.com

Cibun

Mahasiswi Sosiologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here