Pengolahan Singkong Menjadi Misro

0
405

Berdasarkan hasil perkebunan yang terdapat di Padukuhan Pucang Gading, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Sumber Daya Alam (SDA) di Padukuhan Pucang Gading memiliki potensi pada bidang sektor perkebunan. Hasil tersebut diantaranya adalah Singkong.

Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat melalui program kerja yang dilakukan dosen Doriani Lingga, S.E., M.A.Ec dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 membantu masyarakat padukuhan agar dapat memahami potensi dan proses pengolahan singkong yang memiliki nilai jual. Selain itu membantu masyarakat Padukuhan Pucang Gading untuk lebih kreatif dalam membangun bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat padukuhan.

Setelah selesai kegiatan senam yang biasa dilakukan ibu-ibu di Padukuhan, ibu-ibu tersebut mengikuti penyuluhan pengolahan singkok menjadi produk misro yang dilaksanakan di Pucang Gading pada tahun 2017. Olga dan Wisnu sebagai penanggung jawab memberikan penyuluhan mengenai proses pembuatan misro, hal pertama yang dilakukan yaitu mengupas kulit singkong lalu memarut singkong yang telah dikupas.

 Setelah itu, mencampurkan garam dan gula secukupnya kedalam singkong yang telah di parut. Lalu, menyiapkan adonan segumpal tangan, kemudian bentuk bulat lonjong, dan isi bagian dalamnya dengan gula merah yang sudah diiris terlebih dahulu, lakukanlah pembentukan adonan sampai habis.

Hal terakhir yang dilakukan ialah menyiapkan wajan yang berisi minyak goreng, kemudian dipanaskan, lalu masukan adonan yang sudah jadi kedalam penggorengan, tunggu sampai misro berubah warna menjadi agak kekuningan dan matang.

Warga antusias mengikuti dan melakukan bersama program kerja yang dilaksanakan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Besarnya antusias warga ini karena mereka tertarik dengan produk misro tersebut yang dapat menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi, pengolahan singkong yang banyak terdapat di padukuhan dan gula merah yang menjadi produk misro, hingga saat ini misro dapat menjadi produk UKM di Padukuhan Pucang Gading. Demikian keterangan yang diberikan Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA kepada SwaraKampus.com. 

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here