Peningkatan Kewirausahaan-Pembuatan Lepet Jagung Di Pedukuhan Sumuran

0
386
foto: LPPM UAJY

Di Padukuhan Sumuran, Desa Kepek, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul banyak warga mengandalkan hasil pertanian terutama tanaman jagung. Tanaman ini menjadi salah satu komoditas unggulan untuk menopang kebutuhan hidup. Selama ini hasil panen tersebut tidak diolah lagi dengan inovasi pengolahan pangan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Menurut Suryo Adi Pramono (Dosen Sosiologi FISIP UAJY) kepada SwaraKampus.com pelaksanaan pengabdian masyarakat KKN khususnya pada bidang kewirausahaan tetap berjalan hingga saat ini, karena dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan pengolahan produk pangan dapat meningkatkan skill dan memotivasi mereka untuk ikut terlibat langsung sehingga mereka dapat ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomiannya.

Permasalahan tersebut diatasi oleh Dr. Ir Wulfram Indri Ervianto M.T (ahli Teknik Sipil) telah melakukan pengabdian masyarakat yang dibantu oleh 12 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Angkatan 70 UAJY di Padukuhan Sumuran pada tahun 2017.

foto : LPPM UAJY

Disana mahasiswa Kuliah Kerja Nyata mencoba meningkatkan manfaat dari hasil pertanian jagung dengan mengolahnya menjadi produk pangan Lepet Jagung dengan harapan meningkatkan kesejahteraan warga Padukuhan Sumuran. Pada tanggal 5 Januari 2017 kegiatan pelatihan pengolahan Lepet Jagung dilakukan dengan cara memberikan pelatihan langsung kepada anggota ibu-ibu PKK Padukuhan Sumuran tentang resep dan cara pembuatan Lepet Jagung.

Selain pelatihan juga diadakan kegiatan produksi produk olahan jagung tersebut, dengan demikian hasil dari produk tersebut kemudian dapat dijual secara langsung (27 Januari 2017). Demikian keterangan yang disampaikan oleh Suryo Adi Pramono kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here