Mengolah Kelapa Menjadi Sirpah

0
381
foto : LPPM UAJY

Kelapa merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah Padukuhan Pucang Gading Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Namun pemanfaatan buah kelapa di daerah Pucang Gading hanya untuk melakukan produksi gula jawa.

Menurut dosen Sosiologi Atma Jaya Yogyakarta Suryo Adi Pramono, SIP., M.Si kepada SwaraKampus.com, dengan melakukan produksi sirpah hingga saat ini, dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan sekaligus memberikan tambahan penghasilan bagi warga Padukuhan Pucang Gading.

Untuk menciptakan peluang usaha baru dari bahan baku kelapa maka dosen Doriani Lingga, S.E., M.A.Ec, bersama mahasiswa KKN Atma Jaya Yogyakarta angkatan 72 mencoba mengolah kelapa menjadi manisan kelapa.

foto : LPPM UAJY

Penyuluhan dan pelatihan pembuatan produk sirpah diadakan pada 23 Desember 2017 bertepat di rumah bapak Dukuh Pucang Gading. Pembuatan produk sirpah diikuti ibu-ibu dari Padukuhan Pucang Gading dengan cara mengenalkan bahan baku yang dibutuhkan dan proses pembuatan dari bahan baku hingga menjadi sirpah atau manisan kelapa.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan cara pengemasan yang baik dan pemasaran yang ideal dari produk sirpah atau manisan tersebut. Ibu-ibu peserta merasa tertarik dengan pembuatan produk baru dari kelapa yaitu sirpah. Sirpah dapat menjadi alternatif dari pengolahan buah kelapa yang selama ini kurang dimanfaatkan oleh warga Padukuhan Pucang Gading. Demikian keterangan yang diberikan Suryo Adi Pramono, SIP., M.Si kepada Swara Kampus.com. 

Mega

Mahasiswa Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here