Pahlawan Zaman Now

0
343
Sumber foto: penanegeri.com

Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Beragam kegiatan dilakukan seperti upacara, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Aksi Kenang Para Pahlawan dan  berdoa bersama teruntuk mengenang pahlawan yang telah gugur. Mereka telah berjuang dengan mengorbankan harta, benda, keluarga bahkan hidup dan matinya. Pengorbanan yang sangat besar rela diberikan demi memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. Hal tersebut menjadi sejarah bagi generasi sekarang untuk meneruskan perjuangan mereka. Sebagai generasi muda zaman sekarang, kita tidak perlu lagi mengangkat senjata  dan berperang melawan penjajah untuk mempertahankan NKRI seperti para pahlawan terdahulu. Kita telah memasuki zaman globalisasi yang sangat solid dengan perang teknologi melalui media sosial.

Media sosial merupakan perantara massa yang memanfaatkan teknologi baru di mana semua orang dapat mengakses secara praktis, mudah dan murah tidak terbatas jarak maupun waktu. Sebuah informasi dapat diakses dengan instant dengan memasukkan key words tertentu. Dengan kemudahan cara tersebut informasi seluruh dunia sudah dapat diakses. Di sinilah peran kita sebagai pengguna media sosial harus dapat menyaring informasi dari segala sudut, agar  budaya Indonesia tidak terkikis. Budaya yang ada tidak menghilang dan digantikan oleh budaya baru yang tidak sesuai dengan hukum yang ada di bangsa kita. Pahlawan media sosial inilah yang menjadi sosok pejuang zaman now, yaitu mereka yang dapat menetralisir informasi hoax dan intoleransi.

Pahlawan media sosial sangat diperlukan dari waktu ke waktu. Karena setiap waktu memberikan informasi yang berkembang sehingga peran pahlawan medsos inilah yang ditunggu-tunggu. Agar informasi yang tersampaikan kepada masyarakat tidak menimbulkan fitnah dan isu yang membuat Indonesia menjadi perang dingin melalui medsos. Dengan adanya isu yang berkembang tanpa adanya penetralisir hoax akan menghantarkan Indonesia terpecah belah. Indonesia adalah negara plural yang memiliki adat, budaya, ras dan agama yang beraneka ragam, sangat rawan dengan informasi hoax. Inilah yang membedakan pahlawan zaman old dengan pahlawan zaman now. Yang berjuang meski berbeda dedikasi tetapi memiliki tujuan yang sama,  yaitu mempertahankan NKRI dari penjajah intelektual, spiritual dan mental.

Bila perjuangan pahlawan terdahulu  menggunakan fisiknya untuk mempertahankan NKRI dan menjunjung tinggi harkat dan martabat sebagai rakyat Indonesia yang merdeka, perjuangan pahlawan sekarang dengan pemikirannya. Kita sebagai generasi sekarang harus dapat berdiri kokoh melawan para penjajah pikiran dan mental kita, sehingga peran pemuda Indonesia tidak dipertanyakan pihak-pihak luar. Berjuang sebagai pahlawan zaman now dengan berkontribusi aktif meminimalisir dan menetralisir isu hoax akan membantu  mempertahankan kedaulatan bangsa. Bangsa yang cerdas adalah bangsa yang cermat dalam penyampaian dan penerimaan informasi dan menindaklanjuti  wacana ataupun isu yang  memberikan motivasi positif.

Pahlawan medsos memberikan pengaruh  signifikan atas gambaran suatu bangsa. Bangsa yang mudah diombang-ambingkan   hoax memberikan gambaran bahwa bangsa tersebut mudah  dipengaruhi. Oleh karena itu menjadi pemuda yang cerdas dalam memainkan jari jemari dalam menggunakan medsos mencerminkan kepribadian yang cerdas. Itulah makna pahlawan medsos zaman now. Kita sebagai generasi muda penerus pemimpin bangsa wajib memiliki wawasan intelektual, serta mental yang berkualitas agar dapat menjadi pahlawan tanpa tanda jasa dengan kontribusi nyata dan berkomitmen tinggi.

Khoirin Nisai Shalihati

Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here