Mahasiswa Aceh Ikuti Peksiminas XIV di Yogyakarta

0
420
Ketua GeMI ACEH, Bustanul Aulia ikut mendampingi kontingen Aceh dalam perhelatan Peksiminas di UGM Yogyakarta (18/10/2018) - Istimewa

Kontingen Aceh perwakilan Universitas Syiah Kuala tampil pada kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) ke XIV di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM Yogyakarta, Kamis (18/10/2018).

Acara ini adalah rangkaian akhir dari Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) yang di selenggarakan di perguruan tinggi dari 33provinsi di Indonesia. Sebelumnya ada sebanyak 206 mahasiswa dari 13 perguruan tinggi di provinsi Aceh yang mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) ke 14 di Unsyiah pada tanggal 10-14 september 2018. Peksimida sendiri adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Aceh.

Pada Peksiminas ini, kontingen Aceh diikuti oleh sekitar 70 peserta dan official yang terdiri dari perguruan tinggi seperti Unsyiah yang menjadi juara umum Peksimida tahun ini, Universitas Al muslim, Universitas Malikussaleh, Universitas Samudera langsa dan ISBI Aceh. Kontingen Aceh akan mengikuti 15 tangkai lomba seni yaitu lomba tari, lagu pop dan dangdut, baca puisi, lukis, fotografi hitam putih, desain poster, komik strip, puisi tulis, cerpen tulis, lakon tulis seriosa, keroncong dan vocal grup.

Official pendamping peserta yang berasal dari Unsyiah, Hasyim mengungkapkan bahwa acara ini berlangsung kurang lebih 5 hari dengan menampilkan berbagai macam tangkai lomba.
“Malam ini Unsyiah menampilkan lomba seni tari, besok ada vocal, monolog dan lainnya. Kita harapkan dapat memberi yang terbaik untuk Aceh,” papar Hasyim di halaman PKKH UGM, Kamis (18/10/2018)

Sementara ketua Umum GeMI Aceh, Bustanul Aulia, dalam kesempatan bersilaturrahim dengan mahasiswa dan pendamping dari kontingen Aceh menuturkan, bahwa salah satu bagian dari eksistensi GeMI adalah berfokus pada kegiatan seni dan budaya yang menjadi minat dan kebanggaan rakyat Aceh.

“Peksiminas ini bukan hanya ajang lomba, tetapi juga ajang silaturrahmi antarmahasiswa seni seluruh Indonesia. Kami dari GeMI sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, apalagi dalam konteks mengharumkan nama kampus dan daerah Aceh secara umum, kita akan memberikan support dan apapun yang dibutuhkan selama para peserta berada di Yogyakarta,” paparnya kepada peserta usai menampilkan tarian Aceh di Gedung PKKH UGM.

Para peserta akan mengikuti lomba dari 15 tangkai seni hingga hari Jumat, sedangkan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada sabtu besok. Kemudian seluruh peserta dan pendamping akan kembal ibertolak ke Aceh pada Minggu, 21 Oktober 2018.

Jipie

mahasiswa, tinggal di Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here