Mesra Bersama Malam Keakraban Mahasiswa Krayan Kalimantan Utara di Yogyakarta

0
1029
Foto: Istimewa

Bertempat di Wisma Gajah Mada, Kaliurang, Yogyakarta. Hari Sabtu-Minggu (13-14/10). Mahasiswa asal Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara. Kegiatan ini bertujuan mempererat kebersamaan mahasiswa Krayan serta memotivasi satu dengan yang lainya untuk memiliki semangat juang bersama dalam menempuh pendidikan di Yogyakarta.

Makrab ke-4 kali ini mengangkat tema, “Mesra Bersama (Merajut kebersamaan dalam bentuk kerjasama untuk meningkatkan percaya diri mahasiswa/iKrayan)”. Walau terpsah jauh dari kampung halaman, dengan kebersamaan yang dibangun dengan baik akan menghasilkan kerjasama dalam membangun daerahnya. Seperti apa yang diharapkan oleh  Denyindraharyanto, mahasiswa APMD Yogyakarta.

“Suksesnya acara ini karena ada pesiapan jauh-jauh hari oleh panitia. Penitia membutuhkan waktu yang lama sekitar delapan bulan persiapan. Begitu banyak suka dan duka yang kami tempuh, tapi terbayar hari ini dengan pengalaman yang banyak, kebersamaan sehingga kegiatan ini berjalan dengan sangat memuaskan,” ujarnya,

Ia menambahkan, “Berharap mahasiswa Karayan di Jogja yang tidak sempat hadir, bisa meluangkan waktunya di kegiatan berikutnya. Apa yang kami panitia harapkan sudah tercapai yaitu MESRA BERSAMA. The Best penitia makrab Krayan,” harapnya kembali.

Hal senanda juga disampaikan Aris, mahasiswa UJB Yogyakarta, Ia mengingatkan mahasiswa krayan yang ada di Yogyakarta untuk terus saling peduli dan memperhatikan satu dengan yang lianya, “Jangan jadi mahasiswa saja tapi rajutlah kebersamaan satu dengan yang lainya. Supaya kita bersinergi membangun daerah kita nantinya”

Selain diisi game, api uggun, ada juga sesi diskusi antar mahasiswa seperti menanggapi perkembangan revolusi industry 4.0. Sejauh mana mahasiswa memiliki kesiapan diri untuk segala kemungkinan yang terus berubah di setiap waktu. Tidak sedikit mahasiswa yang berharap bisa ingin ambil bagian. Dengan cara mengasah soft skill yang dimiliki dengan memanfaatkan potensi diri yang dimilikinya secara maksimal.

“Sesuatu yang diawali dari usaha, niat, dan kerja keras yang akan menguras banyak pikiran, waktu dan keringat pasti akan terbayar lunas dengan suatu keberhasilan. Tentunya diperoleh dari kerjasama dan pengorbanan seperti yang kita adakan di Makrab ke-4 Krayan di Jogja ini,” tutur Jhess, mahasiswa UST Yogyakarta.

Foto: Istimewa

Mahasiswa baru juga ikut mengapresiasi kegiatan makrab ini, “Kesan kami sangat bangga kepada kakak-kakak yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan kegiatan ini. Kami mahasiswa baru bisa dikumpulkan dalam satu ruangan untuk saling kenal, bemain bersama, dan diskusi bersama. Kami ucapkan banyak terima kasih untuk partisipasi, kerja keras, dan daya juag dari panitia dalam mempersiapkan semuanya dengan baik. Anak Adi Lundayeh Luar biasa!” kata Peres, mahasiswa UJB, dan Ayub, mahasiswa APMD Yogyakarta sebagai perwakilan peserta menyampaikan kesan dan pesan.

Pada akhirnya, kebersamaan itu indah. Demikian juga kebersamaan yang dibangun oleh mahasiswa Krayan di Yogyakarta saat ini. Salah satu komunitas kedaerahan yang terus eksis mengadakan kegiatan malam keakraban (MAKRAB) bersama mahasiswa baru serta saling kenal dengan kakak-kakak yang sudah lebih dulu menempuh pendidikan di Jogja. Dan terus mengingatkan supaya meningkatkan percaya diri di era globalisasi seperti sekarang ini. Supaya mampu memecahkan masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat ketika selesai menempuh pendidikan dan kembali membangun daerahnya. (Lio)

Lio Bijumes

Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Bisnis UKDW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here